makanan yang berbahaya

makanan yang berbahaya

Saat ini banyak sekali bahan makanan yang dapat kita temukan dengan mudah untuk menambah selera makan agar terasa enak dan lezat. Tetapi tanpa kita sadari ternyata banyak sekali diantaranya yang dapat membahayakan kesehatan, apalagi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Bahaya yang terkandung kaleng bahkan makanan segar.

Mengerikan bukan? Namun jika kita dapat mengolahnya dengan tepat, bahaya yang mengancam kita dapat dihindari dengan mudah. Inilah 7 bahan makanan tersebut yang sebenarnya mengandung racun:

1. Singkong

Singkong mengandung zat asam sianida yang dapat mengganggu kadar oksigen yang diserap oleh tubuh. Hal ini akan menyebabkan mual, muntah dan diare jika singkong yang dikonsumsi tidak diolah dengan benar. Cara mencegah keracunan ketika memakan singkong adalah dengan direndam terlebih dahulu dan diamkan sejenak kemudian dimasak atau rebus hingga benar – benar matang dan empuk.

2. Telur

Mengkonsumsi telur setengah matang di pagi hari atau mencampurkannya dengan jamu memang menyehatkan badan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengganggu aktifitas anda. Bukan karena telur mengandung racun, tetapi zat akvidin yang mengikat dan menyerap vitamin B yang telah anda konsumsi dari makanan lain, sehingga menyebabkan anda kekurangan vitamin tersebut. Padahal vitamin B berguna untuk mencegah kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan syaraf dan gangguan pada jantung.

3. Jengkol

Memang sudah diakui kebenarannya bahwa sebagian masyarakat Indonesia menggemari jengkol, mereka bahkan hampir mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari dengan dimasak menjadi semur jengkol ataupun langsung dikonsumsi hanya dengan direbus saja untuk dijadikan lalapan. Akan tetapi jengkol akan mengganggu daya kerja ginjal dan mempercepat kemungkinan untuk mengkristal karena kandungan zat asam jengkolat. Jadi lebih baik kurangi memakan jengkol jika anda ingin terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan ini.

4. Biji Pala

Siapa yang mengira jika biji pala yang sering digunakan ibu rumah tangga sebagai penyedap makanan ternyata dapat menyebabkan kantuk bahkan memiliki efek samping yang sama seperti ketika kita meminum alkohol yaitu menyebabkan kerusakan hati jika dimakan secara terus meneus. Namun sebenarnya tidak berbahaya jika hanya digunakan untuk bumbu penyedap. Bahkan jika anda sedang mengalami kesulitan untuk tidur, anda dapat menjadikan biji pala sebagai solusinya.

5. Oncom

Oncom merupakan makanan dari hasil fermentasi bungkil kacang tanah yang mirip seperti proses pembuatan tempe yang terbuat dari kacang kedelai. Tetapi yang membahayakan dari makanan ini bukanlah dari kacang tanah tersebut, melainkan bahan baku jamur yang digunakan untuk melakukan fermentasi oncom yang memproduksi racun alfa tozein sehingga dapat menyebabkan kemungkinan untuk terkena penyakit kanker hati.

6. Petai Cina

Anda pasti pernah merasa bingung mengapa terkadang rambut anda rontok tanpa alasan, padahal anda sedang tidak mengalami stres dan selalu melakukan perawatan rambut secara rutin, tetapi mungkin anda telah mengkonsumsi petai cina hampir setiap hari yang pasti sering anda temui di berbagai makanan yang akan anda makan bersama kerabat ataupun keluarga. Zat mimosine inilah yang menjadi penyebab mengapa rambut anda mengalami kerontokan, sehingga untuk sementara anda harus berhenti memakan petai cina sampai kerontokan berkurang. Pemakaian hair tonic setelah keramas juga sangat membantu untuk menghentikan kerontokan pada rambut anda.

7. Makanan Kaleng

Mengkonsumsi makanan kaleng sudah menjadi gaya hidup masyarakat zaman ini, terlebih lagi dengan padatnya aktifitas yang mendorong anda untuk mengkonsumsi makanan cepat saji karena keterbatasan waktu. Namun sebelum mengkonsumsi makanan yang satu ini, anda harus memperhatikan bentuk kaleng yang akan anda buka, karena permukaan kaleng yang cembung menunjukkan bahwa makanan kaleng tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri sehingga menghasilkan gas yang beracun dan menyebabkan muntah – muntah dan gangguan pencernaan akut. Perubahaan warna cairan yang keruh dalam kaleng dan bau tidak sedap juga menjunjukkan bahwa makanan kaleng tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Artikel oleh: Amanda Felicia – London School of Public Relations

Keywords:

  • manfaat oncom
  • bahaya oncom
  • bolehkah ibu hamil makan oncom
  • oncom untuk ibu hamil
  • manfaat oncom untuk ibu hamil
  • bahaya oncom bagi kesehatan
  • bahaya oncom bagi ibu hamil
  • kegunaan oncom
  • bahaya mengkonsumsi oncom
  • ibu hamil boleh makan oncom gak