kulit manggis

kulit manggis

Sumber gambar : google

Selama ini kita hanya mengenal manggis sebagai buah berwarna ungu kemerahan yang daging buahnya sangat manis dan segar saat digigit. tapi kulitnya?

Seringkali kita hanya membuangnya percuma begitu saja, bukan? Kita selama ini hanya menganggap kulit manggis sebagai sampah, kini orang mulai mencarinya untuk dikonsumsi. Ternyata, khasiat kulit manggis selain mengandung Xanthone yang merupakan zat yang memiliki aktivitas antioksidan dan antiinflamasi, kulit buah manggis juga sangat kaya akan antioksidan tinggi yang dapat mengobati berbagai macam penyakit bahkan penyakit maut sekalipun seperti penyakit jantung, kanker,stroke, diabetes, ginjal, hepatitis, AIDS, dan lain-lain.

Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthon yang terdapat di alam, tetap dalam buah manggis ini terdapat 40 macam dan hal ini merupakan kandungan yang paling banyak. Kulit buah manggis ini mengandung senyawa xanthon yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolizanthone, tovophylin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid, epicatechin, dan gartanin. Kadar xanthon di dalam kulit buah manggis mencapai 123,97 mg per ml. Xanthon berhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, diantaranya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker pencernaan, dan leukemia. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi sehinga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga dapat menyembuhkan penyakit tuberculosis (TBC), asma, dan sebagai aniinfalamsi serta anti diare. Tak hanya itu, kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk atasi penyakit jantung koroner dan HIV. Dan masih banyak lagi khasiat kulit buah manggis lainnya.

Beberapa Khasiat Lainnya dari Kulit Manggis:

1. Khasiat kulit manggis untuk menyembuhkan borok luka

2. Khasiat kulit manggis untuk menghentikan diare

3. Khasiat kulit manggis untuk mencegah radang usus

4. Khasiat kulit manggis untuk mencegah penyakit jantung

5. Khasiat kulit manggis untuk menurunkan kolesterol

6. Khasiat kulit manggis untuk menurunkan tekanan darah tinggi

7. Khasiat kulit manggis untuk memperlambat proses penuaan

8. Khasiat kulit manggis untuk mencegah penyakit batu ginjal

9. Khasiat kulit manggis untuk membantu penglihatan mata

10. Khasiat kulit manggis untuk menurunkan demam

11. Untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh

12. Untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah

13. Untuk menyembuhkan sariawan

14. Untuk mengobati penyakit migren

15. Untuk mengobati stres dan mengurangi depresi

16. Untuk mencegah kemandulan

17. Untuk mencegah berbagai kanker

18. Untuk mencegah infeksi paru paru dan TBC

19. Untuk meminimalkan gejala nyeri saat menstruasi

20. Untuk membantu tidur agar lebih nyenyak.

Itulah khasiat kulit manggis dalam mengobati berbagai penyakit, Dibalik buahnya yang sangat manis dan sangat segar, namun terdapat pula kulit manggis yang sangat berguna untuk kesehatan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan baru yang unik demi kesehatan.

 

Artikel oleh Cahya Amelia