Family CaroonPada jaman sekarang ini banyak sekali anak-anak, apalagi yang usianya menginjak remaja, mereka sangat membutuhkan teman untuk bercerita dan berbagi tentang kejadian dan peristiwa-peristiwa yang mereka alami. Bisa dikatakan pada usia anak remaja mereka mengalami fase dimana mereka bisa terlalu excited tentang sesuatu dan terkadang mereka bisa mengalami kesedihan atau keterpurukan. Di dalam situasi seperti ini sebenarnya peran orang tua lah yang sangat penting, karena jika sang anak terbuka dan menceritakan segala hal yang mereka alami baik atau buruknya orang tua dapat menasehati dan memberikan masukan yang positif untuk mereka. Tidak sedikit juga banyak anak remaja, karena kurang nya komunikasi dengan orang tua nya, mereka memilih untuk bercerita dengan temannya atau orang yang membuat mereka nyaman. Berikut adalah langkah-langkah dimana para orang tua dapat menjadi teman cerita yang untuk anak :

1. Menjalin komunikasi sejak usia dini

Sebagai orang tua, sangathlah diperlukan menjalin komunikasi dengan anak. Menjaga komunikasi lebih baik dan bagus apabila diterapkan pada anak saat usia mereka masih dini. Penanaman komunikasi yang baik dari orang tua ke anak akan membiasakan anak untuk selalu bercerita dan sharing apa saja yang telah mereka alami.

2. Jadilah teman bagi anak

Yakinkanlah anak anda bahwa saat mereka bercerita mengenai hal-hal yang mereka alami, mereka bisa bercerita dengan orang tua nya layaknya teman. Dimana mereka bisa bercerita dan mengeluarkan semua perasaan yang mereka rasakan tanpa ada rasa takut karena bercerita dengan orang tua.

3. Penasihat yang Baik

Dengarkanlah cerita-cerita anak anda sampai selesai atau tuntas, janganlah sebagai orang tua merasa cepat emosi dan marah mendengar baik atau buruk nya cerita yang diceritakanlah oleh anak. Sebisa mungkin kasihlah kesimpulan dan pengertian yang mudah dimengerti oleh anak. Berikan mereka pemahaman- pemahaman yang sesuai dengan cerita –cerita mereka.

by Stephanie Virgorany