bawang putih

bawang putih

Bawang putih salah satu jenis rempah-rempah yang dapat dikonsumsi dan dijadikan menjadi salah satu bahan dasar utama untuk memasak masakan di Indonesia. Dengan aroma yang cukup menyengat sekaligus harum serta rasa yang khas dapat meningkatkan cita rasa pada masakan. Tidak hanya terkenal dan wajib digunakan pada masakan Indonesia, bawang putih juga digunakan sebagai bahan masakan di negara asing lainnya.

Namun bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar memasak, ternyata bawang putih memiliki berbagai khasiat positif di berbagai bidang seperti pada kesehatan maupun kecantikan. Dengan berbagai cara pengolahannya bawang putih sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Berikut akan dijabarkan berbagai khasiat yang diberikannya.

1. Kesehatan

Bawang putih memiliki yang paling banyak dibandingkan dengan bawang lainnya, karena pada bawang putih mengandung vitamin C, mineral P, Ca dan K, Fe dan vitamin B sehingga sangat berguna bagi tubuh manusia dan dapat dianjurkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat seperti diabetes. Kandungan antioksidan yang dimiliki untuk menjaga daya tahan tubuh, bawang putih dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti flu dan masuk angin dengan cara mengolah bawang putih menjadi ramuan minum mencampurkan irisan bawang putih mentah kedalam air panas, saring, dan minum air yang sudah disaring. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita penyakit kolesterol dengan mengkonsumsi rutin bawang putih pada jangka waktu tertentu. Pada penderita penyakit diabetes, mengkonsumsi diabetes dapat meningkatkan insulin pada darah.

2. Kecantikan

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat jerawat karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri dan antri viral yang dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Bawang putih juga dapat menghaluskan kulit karena mengandung zat organosulfur yang bernama allicin karena zat ini memiliki khasiat untuk melembutkan kulit dan dapat menghilangkan strech mark. Komedo hitam membandel dapat dihilangkan dengan bawang putih, cara yang digunakan adalah haluskan bawang putih lalu oleskan pada bagian yang berkomedo. Sifat anti bakteri yang dimiliki bawang putih juga dapat menyembuhkan luka, jika luka tak kunjung sembuh tempelkan saja bawang putih yang telah dihaluskan niscaya luka akan sembuh. Setelah melihat berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tidak ada salah nya mencoba bawang putih sebagai alternatif bahan alami. Tetapi tetap diimbangi dengan dosis yang wajar dan tidak berlebihan, hanya karna ingin khasiat yang cepat malah mendapatkan efek panas pada perut dan mengganggu pencernaan hingga memberikan rasa panas pada kulit yang diobati.

 

Artikel oleh Delia Rahmah