zumba

zumba

Bagi para wanita, mendapatkan berat badan yang ideal bukanlah hal yang mudah. Banyak cara yang di lakukan demi berat badan yang sesuai oleh wanita untuk menurunkan berat badan tidaklah mudah dan membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Tak jarang banyak wanita yang gagal saat berusaha mennurunkan berat badan.

Namun saat ini, banyak cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, salah satunya adalah Zumba. Mungkin sebagian orang tidak terlalu familiar dengan olahraga Zumba tersebut tapi ternyata Zumba merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan Olahraga zumba menggabungkan gerakan fitness dengan tarian Latin, seperti salsa dan merengue, yang dilakukan dalam iringan irama musik Latin.

Mengambil istilah dari kata zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez, yang kini menjabat sebagai Creative Director Zumba Fitness. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi tren. Tidak hanya di luar negeri, saat ini Zumba merupakan salah satu olahraga yang di gemari banyak orang di Indonesia.

Zumba membuat seluruh tubuh bergoyang, dari kepala hingga kaki. Gaya tariannya yang berfokus pada pundak, perut, dan pinggul, pun membuat tubuh jadi kencang. Zumba makin digilai karena simpel, tak membutuhkan alat apa pun selain pakaian yang dikenakan. Gerakan zumba yang mudah dilakukan dan diikuti juga membuat peserta tak perlu punya basic menari untuk ikut olahraga ini.

Dengan alunan musik yang bersemangat dan menghentak, dipastikan orang yang mengikuti kelas Zumba tidak akan merasa bosan dan lelah, karena gerakan-gerakan yang di lakukan seperti menari dan membuat orang menjadi bersemangat untuk mengikutinya. Tak jarang lagu hits dari musisi mancanegara digunakan saat kelas Zumba seperti Jennifer Lopez, Pitbull, Ne-Yo, dan lain-lain.

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori dan membuat seluruh bagian tubuh bergerak, zumba juga membuat jantung terpacu lebih cepat, sehingga peredaran darah makin lancar. Dengan begitu semua kebutuhan tubuh terpenuhi dengan baik. Imunitas pun jadi meningkat.

Zumba juga mengontraksi semua otot. Apalagi dengan zumba toning yang menggunakan marakas atau dumbbell 1 kg. Selain itu, seperti olahraga lainnya, zumba merangsang hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Antioksidan dalam tubuh pun terpacu. Alhasil, secara tidak langsung, zumba baik untuk anti aging.

 

Artikel oleh  Debby Zendrato

Keywords:

  • bolehkah senam zumba saat haid
  • manfaat zumba untuk orang kurus
  • tarian zumba untuk kurus
  • bolehkah sewaktu haid senam zumba
  • zumba saat haid