kurma

Bulan suci Ramadhan dalam waktu dekat akan tiba, ada baiknya apabila Anda mempersiapkan dengan baik. Bulan suci Ramadhan yaitu Anda akan melakukan ibadah puasa 1 bulan lamanya, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik, berikut ini ada 7 tips puasa agar tubuh Anda bisa menjalani nya dengan baik dan sehat.

  1. Konsultasi kesehatan. Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya kita untuk mengonsultasikan kesehatan dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.
  1. Minum air mineral yang cukup. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.
  1. Makan yang sehat. Ada baiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan. Memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.
  1. Hindari mengonsumsi makanan berminyak.Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.
  1. Saat bersahur, disarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.
  1. Tidurlah di siang hari untuk mengumpulkan energi. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan bantu memulihkan energi.
  1. Lakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

by  Frisca Puspita Sari