minum kopi

Minum kopi menjadi kegiatan yang sering dilakukan banyak orang sekarang ini, baik kaum muda, dewasa bahkan orang tua. Banyak orang kecanduan dengan sensasi dari kopi tersebut, sehingga membuat mereka mengonsumsi kopi tanpa batasan tertentu. Bila tidak dibatasi, Anda akan merasakan gelisah bahkan sulit untuk tidur dan juga merasakan deg-degan. Berikut adalah cara atau tips untuk menikmati atau mengonsumsi kopi dengan cara yang menyehatkan.

1. Gunakan air yang berkualitas untuk membuat kopi

Untuk menikmati rasa dan aroma yang maksimal dari kopi, gunakanlah air yang berkualitas. Apabila air di rumah mengandung zat besi, gunakanlah penyaring air dan jangan menggunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut. Gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam dan mantap saat diminum. Tunggulah sekitar 30 – 60 detik sebelum menuangkannya ke dalam gelas.

2. Hindari pemanis buatan atau gula

Mengonsumsi kopi hitam lebih baik dan bisa juga ditambahkan dengan sirup mapel. Ketika Anda berada di coffee shop hindari memesan latte, frappucino, cappucino dan sejenisnya. Karena kandungan gulanya sangat banyak. Secangkirnya mengandung kurang lebih 300 – 400 kalori.

3. Hindari krimer cair maupun bubuk

Jika anda ingin menambahkan krimer, gunakan krimer yang terbuat dari santan kelapa, karena itu lebih sehat. Selain itu, krimer dari santan kelapa juga mengandung lemak jenuh sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Tambahkan dengan bubuk kayu manis

Dengan menambahkan satu sendok teh cokelat bubuk murni bisa memberikan rasa yang nikmat dan faedahnya menambah antikosidan.

Itulah beberapa cara atau tips untuk menikmati kopi dengan cara yang lebih menyehatkan. Semoga bermanfaat bagi anda para penikmat kopi.

 

Artikel oleh Dimas Ridjky Soetaya

The London School of Public Relations