daun gedi

daun gedi

Daun Gedi merupakan sayur khas yang ada di daerah Indonesia Timur khususnyadi Manado ( Sulawesi Utara ). Pada umumnya mulai dari Talaud di Utara hingga ke Bolaang Mongondow di Selatan, pasti tidak akan pernah lupa rasa nikmat masakan sayur gedi yang dikenal dengan Sayor Yondok (Abelmoschus manihot , sebelumnya dinamakan sebagai Hibiscus Manihot L).Dan bagi orang asli Sulawesi Utara yang suka makan Bubur Manado ( tinutuan ) tidak lengkap rasanya jika tidak ditambahkan salah satu sayuran khas Sulut ini.

Daun yang mudah tumbuh ini tinggi tanamannya sekitar 2 meter. Daunnya berwarna hijau, mirip dengan daun papaya. Bentuk daunnya unik karena terdapat 5 ruas seperti jari, namun ujung daunnya runcing.

Selain dijadikan makanan, daun gedi juga kaya akan vitamin A, zat besi, serat yang baik untuk saluran pencernaan. Cara mengkonsumsi daun gedi sangatlah mudah dengan merebus daun gedi sebanyak 5 tangkai dengan air satu liter jadikan 600 ml, lalu tuangkan air rebusan daun gedi tersebut ke dalam gelas dan meminumnya tiga kali dalam sehari.

Daun gedi dipercaya memiliki khasiat obat untuk menyembuhkan penyakit maag, asam urat, menurunkan kadar kolesterol, penyakit ginjal, diabetes, depresi serta tekanan darah tinggi.

Selain itu manfaat lain dari daun gedi adalah sebagai suplai antioksidan untuk melawan radikal bebas karena mengandung banyak senyawa flavonoid yang salah satu khasiatnya adalah untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Daun Gedi bermanfaat juga untuk orang yang telah berusia diatas 30 tahun karena gangguan osteoporosis atau dikenal dengan tulang keropos umumnya gangguan ini di alami oleh wanita pasca menopause, akibat menurunnya kadar hormon estrogen.Hal seperti ini memang terjadi akibat proses alamiah,namun sebenarnya anda bisa mengantisipasinya. Untuk mengantisipasi osteoporosis biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan terapi suli hormon sebagai pengganti hormon alamiah yang terus berkurang. Namun pemakaian bahan dari alam merupakan alternatif yang lebih di sukai misalnya kacang kedelai.

Sebuah penelitian terhadap manfaat daun gedi dalam mencegah osteoporosis ternyata juga menunjukan hasil mencengangkan. Sebuah percobaan menggunakan tikus betina yang sudah di angkat indung telornya. Tikus itu selanjutnya di beri daun gedi sebagai campuran makanan, dalam berbagai dosis selama waktu tertentu. Hasilnya ternyata ada perbaikan kepadatan tulang. Sehingga ini berarti pengeroposan dapat di kendalikan. Peningkatan kepadatan tulang juga terbukti sebanding dengan peningkatan dosis daun yang di berikan.

Itulah diantara Khasiat Daun Gedi – manfaat Daun Gedi, selain lebih murah juga relatif
aman tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

 

Artikel oleh Amanda Nathalia Azalia Wowor

Keywords:

  • daun gedi
  • manfaat daun gedi
  • cara mengolah daun gedi
  • daun lima jari
  • khasiat daun gedi
  • daun gedi merah
  • manfaat daun gedi merah
  • sayur gedi
  • ##############
  • khasiat daun gedi merah