Oleh Privinta Andini Putri

Atlantis, kata yang singkat namun membangkitkan perasaan yang mendalam pada sesuatu yang menakjubkan, sebuah misteri, dan rasa kehilangan yang tak tergantikan. Dampaknya lebih terasa dibandingkan mendengar istilah “Benua yang Hilang”. Apakah Atlantis sekedar mitos? Sebuah dongeng moral? Kreasi science fiction? Atau ia benar-benar ada dalam sejarah?

Atlantis jelas bukan sekedar budaya kecil. Menurut tuturan Plato, Atlantis adalah induk segala peradaban. Atlantis adalah kekaisaran benua yang sangat luas dan mendunia.

Prof. Arysio Santos yakin setelah meneliti selama 30 tahun lamanya menyimpulkan bahwa benua Atlantis yang telah lama hilang ber abad-abad itu terletak di Asia Tenggara, lebih tepatnya di Indonesia.

Indonesia juga dikenal dengan sebutan “Pulau Putih”, sebutan surga yang sebenarnya dalam beberapa tradisi kuno. Indonesia terletak di pesimpangan tiga lempeng benua, ketiganya bertemu di sini-menciptakan tekanan sangat besar pada lapisan kulit bumi. Akibatnya, lapisan kulit bumi di wilayah ini terdesak ke atas, membentuk paaran yang luas (Paparan Sunda dan sebagainya) dan beberapa barisan pegunungan yang sangat tinggi.

Benua Atlantis hilang di karenakan tenggelam oleh lautan dan bencana gempa bumi, hingga mengakibatkan daratan Atlantis tenggelam hingga mencapai dasar laut. Terlihat jelas bahwa ada bangunan-bangunan tua yang sudah ada sejak berabad-abad di dasar laut di Selat Sunda. tahun lalu masih menjadi misteri. Prof. Santos meyakini benua menghilang akibat letusan beberapa gunung berapi yang terjadi bersamaan pada akhir zaman es sekitar 11.600 tahun lalu. Di antara gunung besar yang meletus zaman itu adalah Gunung Krakatau Purba (induk Gunung Krakatau yang meletus pada 1883) yang disebut-sebut letusannya sanggup menggelapkan seluruh dunia. Letusan gunung berapi yang terjadi bersamaan ini menimbulkan gempa, pencairan es, banjir, serta gelombang tsunami sangat besar.

Menurut Prof. Santos, pulau-pulau di Indonesia yang mencapai ribuan itu merupakan puncak-puncak gunung dan dataran-dataran tinggi benua Atlantis yang dulu tenggelam.

Memang tak satu orang pun di dunia ini yang mengetahui persis kebenaran dan keberadaan Atlantis yang hebat dan mendunia ini, tetapi buku Prof. Arysio Santos tersebut tidak lain bermaksud untuk memotivasi ahli-ahli arkeologi dunia untuk tetap mencari bukti keberadaan Atlantis, terlebih lagi sudah ada titik terang yang diberikan oleh Geolog asal Brazil ini.

Sumber: Atlantis ‘The Lost Continent Finally Found’ by Prof. Arysio Santos(2010)

peradaban atlantis

peradaban atlantis

Keywords:

  • misteri bawah laut selat sunda
  • bangunan bawah laut selat sunda