first-date

First date atau kencan pertama merupakan langkah awal penting dari terjalinnya sebuah relationship. Pastinya banyak banget hal-hal yang harus disiapkan supaya first date kamu sukses. Bingung mau pake baju apa? Gak kepikiran topik apa yang harus diomongin? Gak percaya diri dan takut jadi salting? Itu hal yang wajar dan dialami banyak cewek kok. But Ladies, don’t worry!

Di sini kita mau berbagi beberapa tips tentang apa yang harus kamu lakukan dan hindari dalam first date kamu, berdasarkan dari buku “Love Smart: Find the One You Want — Fix the One You Got”, yang ditulis oleh Dr. Phil.

 

DO’s:

  1. Wear Appropriate Outfit and Makeup

Terlihat sexy pada first date memang bisa membuat pasangan kamu terpesona, first impression itu emang penting, tapi kamu gak pengen kan pasangan kamu hanya menilai kamu dari penampilan saja. Being sexy is okay, but afterall, personality always comes first. So Ladies, stay casual but keep it classy! Sesuaikan juga make up kamu dengan konsep first date kamu, remember, natural looks will never go wrong.

  1. Be On Time!

Nah, ini penting banget nih buat kamu! Terutama bagi cewek – cewek yang doyan “ngaret”. Gak mau kan pasangan kamu bete karena harus nunggu lama? Memang sih, kamu mau tampil yang terbaik untuk pasangan, but being late on the first date berpengaruh banget sama first impression dari si dia. Kalau kamu termasuk cewek yang butuh waktu berjam – jam buat siap – siap, coba deh untuk mepersiapkan apa yang kamu pakai sebelum hari “H”. Lebih baik datang lebih awal dibanding datang telat!

  1. Be Your Self and Keep Calm

Bagi cewek-cewek yang suka nervous dan salting saat bertemu pasangan, do no more! Pasangan kamu ingin mengenal diri kamu yang sebenarnya, bukan sosok lain yang kamu anggap lebih sempurna. Ingat Ladies, nobody is perfect, dan gak ada gunanya kamu bersikap menjadi orang lain untuk menarik perhartian pasangan kamu.

  1. Focus on Your Partner

Be a good listener! Pastikan kamu memperhatikan dan mendengarkan apa yang pasangan kamu bicarakan. Kasih respon yang baik, keep eye contact, tertawa pada jokes-nya walaupun kadang-kadang itu garing. But Ladies, mereka sebenarnya berusaha untuk membuat good impression, so appreciate it! Dan yang paling penting, avoid awkward moment! Kamu nggak mau kan first date kamu jadi garing dan ngebosenin karena kamu gak berani make a move? Udah ga jaman lagi cowo yang harus mulai duluan.

 

DON’Ts:

  1. Don’t Expect Too Much

Sebelumnya pasti kamu udah mulai bayangin gimana nantinya first date kamu akan berjalan, but let’s be realistic, kita ga akan pernah tau apa yang bakal terjadi gimana respon yang kita dapat dari pasangan. So, supaya kamu ga kecewa di akhir, sebaiknya jangan mengharapkan terlalu banyak dari pasangan kamu. Jalanin dan nikmatin aja, overall this is only the beginning, it’s better to take it slow.

  1. Don’t Get Distracted by Your Gadget

Stay away from: handphone, tablet dan gadget lainnya selama date kalian berlangsung. Ingat! Tujuan dari sebuah date yaitu untuk mengenal satu sama lain. Tetap fokus pada pasangan kamu dan topik yang lagi kalian bahas. Kasih perhatian sepenuhnya ke pasangan kamu, buat mereka merasa spesial tanpa gangguan dari gadget–gadget kamu.

  1. Don’t Give Too Much Information

Memang sih, tujuan nge-date itu untuk mengenal satu sama lain lebih baik, but giving too much information on your first date yang ga terlalu penting, seperti ngomongin binatang peliharaan kamu, gosip tentang temen kamu, prestasi–prestasi kamu, hmm…not necessary. Jangan terlalu banyak menceritakan tentang diri kamu, tapi beri dia kesempatan untuk bercerita mengenai dirinya. One more thing, keep the low profile and do not be selfish.

  1. Don’t Talk Too Much About Your Ex.

Memang akhirnya pasti ada pertanyaan dari pasangan kamu tentang mantan kamu. Jika itu terjadi, jawab aja sesingkat-singkatnya, act like you do not care about your ex anymore. Jangan kasih fairytale tentang kisah cinta kamu dengan ex ke pasangan date kamu, dia bakal mikir kalau kamu belum bisa move on, big no no!

So Ladies, setelah baca tips-tips penting di atas, ga perlu khawatir lagi dong untuk menghadapi first date kamu. The most important things are, enjoy, relax and stop worrying too much. Selalu menjadi diri kamu sendiri adalah solusi terampuh untuk mengatasi ketidakpercayadirian yang dapat merusak rencana yang telah disiapkan. Good luck on your first date, have faith on yourself!

Artikel oleh Kadek Dharmagopta

Mahasiswi The London School of Public Relations – Jakarta