Taukah kalian apa itu mimpi? Mimpi adalah pengalaman bawah sadar kita yang melakukan komunikasi dengan tubuh, pikiran, jiwa tentang segala sesuatu yang pernah kita alami, kita lihat, kita dengar, dan bahkan kita pikirkan dalam kondisi relaks. Terkadang kita dapat mengingat mimpi kita, namun tak jarang juga kita lupa apa yang kita mimpikan tadi malam. Mimpi memang merupakan hal yang misterius yang sulit kita terjemahkan. Nah, berikut saya sajikan fakta unik tentang mimpi yang terkadang tidak kita sadari.

fakta mimpi

fakta mimpi

Anda akan melupakan 90% mimpi anda

Mimpi yang terjadi dialam bawah sadar kita membuat 5 menit setelah kita terbangun dari tidur akan melupakan 50% dari mimpi dan cerita dalam mimpi kita. Seiring berjalannya waktu, 10 menit kemudian setelah semua emosi dan kesadaran kita sudah terkumpul, maka kita akan melupakan 90% mimpi kita. Ada cerita menarik mengenai mimpi oleh seorang penulis puisi terkenal, Samuel Taylor Coleridge. Suatu ketika dia mendapatkan mimpi yang sangat indah. Lalu ketika dia terbangun, Ia menuliskan mimpinya dalam satu buku. Ketika ia mencapai 54 kata, tiba-tiba ada seorang yang mengtuk pintu kamarnya. Ia pun beranjak membuka pintu untuk tamunya. Setelah itu, Ia berniat untuk melanjutkan tulisannya tersebut. Namun Ia tidak berhasil mengingat sisa dari mimpi yang belum sempat tertulis. Akhirnya, tulisan itu tidak pernah selesai sampai sekarang.

Rangsangan dari luar mempengaruhi mimpi kita

Pasti kita pernah mengalami hal ini. Misalnya mimpi kebelet pipis, yang pada kenyataanya tiba-tiba kita terbangun dan segera ke Toilet untuk buang air kecil. Istilah ini disebut “ Dream Incorporatin “. Mimpi yang berisikan refleksi dari peristiwa yang saat itu tengah terjadi. Contoh lain, kita bermimpi merasa sangat haus, kemudian hadirlah sebotol air dalam mimpi kita yang lalu kita minum. Namun tak berapa lama kemudian kita merasa haus lagi, dan itu terjadi berulang-ulang sampai pada akhirnya kita terbangun dan benar-benar merasa kehausan.

Saat bermimpi tubuh kita akan lumpuh

Saat tidur dan bermimpi, maka tubuh kita akan mengalami layu, atau lumpuh sementara. Hal ini merupakan perintah dari otak untuk mencegah kita melakukan aktivitas yang terjadi dalam mimpi kita. Bayangkan saja, jika tubuh kita tidak melumpuh sementara, bisa-bisa kita terbawa halisinasi dalam mimpi kita yang mebawa kita berjalan kemana-kemana.

Orang buta juga bermimpi

Orang yang mengalami kebutaan sejak lahir juga mengalami mimpi. Namun, mimpi mereka bukan merupakan refleksi gambar dari apa yang terlihat, karena mereka belum pernah melihat apa-apa. Namun yang mereka mimpikan merupakan dalam bentuk suara, sentuhan, dan perasaan atau emosi. Bagi orang-orang yang mengalami kebutaan tidak sejak mereka lahir, mereka juga merasakan mimpi namun 50% seperti orang normal lainnya, dan 50% seperti orang yang mengalami kebutaan sejak kecil. Terkadang mereka memipikan sisa-sisa gambaran yang masih terekam di otak, dan juga bermimpi berupa sentuhan, suara, ataupun perasaan.

Kita hanya memimpikan apa yang kita ketahui

Sering sekali kita bermimpi di lokasi atau tempat-tempat yang asing dengan kita, dimana kita juga memimpikan orang-orang yang asing dengan kita. Namun, berdasarakan penelitian segala sesuatu yang kita mimpikan merupakan refleksi dari otak yang dimana merupakan dari apa yang telah kita lihat. Otak kita tidak punya kemampuan untuk meciptakan sesuatu. Yang membuat anda tidak mengenali tempat atau orang tersebut adalah alam bawah sadar anda sebagai pusat penyimpanan data yang digali oleh otak untuk membuat suatu mimpi yang unik dan asing. Jadi otak adalah yang memipin alam bawah sadar kita, untuk menciptakan mimpi-mimpi tersebut, dan tidak akan pernah habisnya, karena sepanjang hidup kita, kita tidak pernah berhenti melihat jutaan wajah asing, dan tempat-tempat yang walau hanya sekilas kita melihatnya.

Apakah mimpi itu berwarna?

Dari hasil penelitian, 12% dari orang yang bermimpi, walaupun tidak mengalami penyakit buta warna juga mengalami mimpi hitam-putih. Dan sisanya mengalami mimpi yang bervariasi antara yang berwarna hitam-putih dan berwarna-warni.

Nah, menarik bukan? Otak kita sangat canggih dapat berkolaborasi sangat baik dengan alam bawah sadar kita. Yang tidak pernah kehabisan ide untuk membuat drama-drama baru setiap harinya.

 

Penulis: Felicia Ivana Benedictus, Mahasiswi The London School of Public Relation, Jakarta

Keywords:

  • arti memimpikan seseorang yang tidak kita pikirkan
  • memimpikan seseorang yang tidak dipikirkan
  • mimpi seseorang yang tidak kita pikirkan
  • mimpi seseorang yang tidak pernah dipikirkan
  • mimpi orang yang tidak kita pikirkan