makanan sumber energi

Makanan yang kita makan ternyata dapat menghasilkan energi yang berbeda-beda yang dapat kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut ini 12 makanan yang merupakan sumber energi.

1. Madu

Pada masa Romawi dan Yunani kuno meminum 3 sendok madu di pagi hari sesaat sebelum melakukan aktivitas sehari-hari merupakan hal yang sangat rutin dilakukan sebagai penambah stamina dan energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar tubuh manusia, karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan. Hingga saat ini meminum madu masih dilakukan oleh beberapa orang khususnya olahragawan sebagai sumber energi yang instan sekaligus menyehatkan badan.

2. Buah Apel

Apel merupakan salah satu buah favorit bagi kalian yang sedang melakukan diet. Apel mengandung kadar lemak yang cukup rendah, akan tetapi jika kalian mengkonsumsi apel berserta kulitnya atau yang tidak dikupas maka dapat menghasilkan energi yang diperlukan untuk tubuh kita. Menurut hasil riset kesehatan, satu buah apel mengandung nilai nutrisi sebanyak 218 kJ (52 kcal) energi, 13.81 g karbohidrat, kemudian 2,4 g serat pangan dan 85.56 g kadar air yang cukup banyak sehingga dapat melancarkan pencernaan serta menghasilkan energi pada tubuh.

3. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk ditemui di mana-mana dan sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Kalian tahu tidak jika mengonsumsi telur mentah dapat mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberi kita manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi dalam ubi jalar seperti Vitamin A, C dan E, beta karoten, magnesium, kalium dan kaya oksidan. Dengan adanya Kalsium tinggi dan zat besi yang terkandung dalam ubi jalar ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat meningkatkan kepadatan tulang.

5. Ikan Salmon

Makan salmon disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tapi sebenarnya apa saja manfaat makan ikan salmon? Nah salah satu manfaatnya adalah meningkatkan metabolisme. Salmon mengandung nutrisi yang memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh dan dalam proses ini dikenal sebagai pengendali diabetes terbaik dan pengendali gula darah.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, tapi mungkin juga beberapa dari kalian belum tahu tentang manfaatnya, antara lain: dapat menjaga sistem pertahanan tubuh, mencegah proses panuan serta mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa nyeri.

7. Buah Pisang

Pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber penghasil energi karbohidrat dan mineral yang tinggi terutama kalium.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang berbahan gandum dengan serat tinggi yang dapat membantu menjaga kadar kolestrol dan gula darah tetap normal. Mengonsumsi oatmeal cocok untuk kalian yang sedang menjalani diet dan menurunkan kolestrol. Akan tetapi, manfaat mengkonsumsi oatmeal juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam kandungan oatmeal terdapat serat beta-gluten. Serat beta-gluten tersebut dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan juga dapat untuk meningkatkan sistem imunitas. Dengan meningkatnya sistem imun tubuh akan membantu sel-sel kekebalan tubuh untuk memperbaiki daerah yang terserang infeksi bakteri.

9. Kacang Merah

Kacang merah memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti: serat, karbohidrat, asam lemak omega-3, Protein, Vitamin A, B dam Vitamin C, Asam folat, Kalsium, serta Magnesium. Manfaat mengonsumsi kacang merah salah satunya adalah sebagi sumber energi, karena dalam kacang merah terkandung zat besi yang dapat menjaga serta meningkatkan metabolisme tubuh dan energy yang diperlukan badan. Tak hanya itu saja, kacang tanah ternyata juga baik untuk membantu tubuh terhadap kinerja sirkulasi oksigen di tubuh.

10. Bayam

Bayam sangat dikenal karena merupakan suber zat besi yang penting sekali untuk tubuh manusia. Kandungan nutrisi dalam bayam selain mengandung serat juga kaya betakaroten. Satu bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat dan zat besi.

11. Yogurt

Mengkonsumsi yoghurt saat ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Selain teksturnya yang kental, lembut, dan memiliki rasa asam yang lezat, yoghurt juga memberikan manfaat gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung bakteri baik. Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang hidup di saluran pencernaan kalian. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

12.Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang paling umum dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kacang almond dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dicampur di dalam cokelat maupun permen. Almond merupakan jenis kacang dengan kalori paling rendah. Dalam satu ons penyajian, almond mengandung 160 kalori. Almond juga menjadi kacang dengan tingkat kalsium paling tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya. Tak hanya itu, terdapat pula 9 gram lemak menyehatkan, 6 gram protein, dan 3.5 gram serat. Tentunya, ini semua memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Oke, demikianlah info pembahasan mengenai 12 makanan penghasil sumber energi. Pastikan kalian memasukkan daftar makanan di atas dalam menu harian kalian agar kesehatan kalian pun dapat meningkat.

Artikel oleh: Fembriati

 

 

Keywords:

  • contoh makanan sebagai sumber energi