mitos seputar makeup

mitos seputar makeup

Banyak mitos yang beredar dari mulut ke mulut mengenai mitos – mitos apabila kita menggunakan make up. Tidak semua orang tau kebenaran dari mitos tersebut. Banyak orang yang mencari langkah lain demi menghindari mitos tersebut. Apa saja contoh mitos dalam menggunakan make up? Mari kita liat kebenarannya.

  1. Bermake up setiap hari dapat membahayakan kulit

Sebaliknya, rias wajah justru melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang membahayakan, dari angin dan juga debu. Semua kotoran tidak langsung menempel di kulit, tetapi di riasan wajah. Kini, banyak produk kosmetika yang mengandung nutrisi dan pelembab sehingga bisa menjaga kelembaban dan kesehatan kulit sepanjang hari. Sudah banyak pula produk kosmetik yang juga mengandung pelindung dari sinar matahari, minimal SPF 15 ke atas, unutk melindungi kulit wajah dari sinar UV atau terbakar sinar matahari. Yang sangat penting, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur, agar kulit wajah mempunyai kesempatan untuk bernapas.

  1. Aplikasi eyeliner hitam bisa membuat mata terlihat lebih besar

Nuansa hitam justru membuat mata terlihat lebih kecil, alih – alih besar. Bila Anda ingin menimbulkan kesan mata terlihat lebih besar, gunakan warna – warna yang lebih cerah seperti coklat, atau abu – abu. Sebelum memakai maskara, buat garis di bagian dalam mata Anda menggunakan pensil mata berwarna putih untuk membuka mata dan menciptakan ilusi mata yang lebih besar.

  1. Wajah tanpa make up cukup dibersihkan dengan air saja

Ini adalah mitos yang keliru. Sepanjang malam, selama Anda tidur, kulit wajah memproduksi minyak dan juga terjadi pengelupasan sel kulit mati. Saat berada diluar rumah, debu menempel di kulit wajah, yang jika tidak dibersihkan bisa memicu gangguan kulit seperti jerawat atau noda hitam, pori – pori lebih besar, komedo, dan sebagainya. Bersihkan wajah dua kali sehari menggunakan sabun cuci muka sesuai tipe kulit anda dan menggunakan penyegar akan membersihkan kulit anda secara optimal.

  1. Terlalu sering mencabut alis akan membuat alis tidak tumbuh

Rambut pada alis akan terus tumbuh, namun memamg tidak secepat rambut di kepala atau di ketiak. Merapikan alis memang diperlukan, karena kalau tidak alis akan tumbuh memanjang, dan tidak beraturan. Bila ingin mencabut alis, gunakan tweezer atau alat khusus untuk mencabut rambut. Cabut satu demi satu agar hasilnya rapi.

  1. Bulatan srupa apel pada pipi merupakan tempat terbaik untuk mengaplikasikan blush on

Penggunaan blush on sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah Anda. Bentuk wajah yang berbeda membutuhkan aplikasi blush on yang berbeda juga.

 

Artikel oleh Della Septiana

 

gambar: aroundmakeup

Keywords:

  • Sakit make up boleh tidak mitos