bantal

Rutinkah teman-teman mencuci bantal tidur atau bantal kursi kesayangan di rumah? Meskipun bantal-bantal yang kita miliki selalu dibungkus oleh sarung bantal, karena alasan kesehatan kita perlu juga mencuci bantalnya sendiri secara rutin. Lalu bagaimana cara praktis mencuci dan mengeringkan bantal? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mesin cuci yang bagus dan juga teknik pengeringannya. Jadi teman-teman tidak perlu lagi ada pengeluaran tambahan untuk ke binatu.

Memilih mesin cuci yang bagus memang bisa sedikit memusingkan, apalagi dengan semakin banyaknya pilihan model dan tipe di pasaran. Kuncinya adalah dengan memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan mencuci kita. Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak di sini mengenai keunggulan masing-masing mesin cuci.

Mencuci Bantal Menggunakan Mesin Cuci

Pada umumnya semua bantal tidur atau bantal kursi dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Catatan khusus untuk bantal-bantal yang terkena noda, rendam bagian yang bernoda selama 15 sampai 20 menit kemudian kucek bagian tersebut dengan menggunakan tangan terlebih dahulu, sebelum Anda memasukannya ke dalam mesin cuci.

Sebaiknya, masukkan maksimal dua buah bantal dalam satu kali proses pencucian. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan proses pencucian. Namun, ini juga tergantung pada besarnya mesin cuci yang Anda miliki dirumah. Ada beberapa mesin cuci yang bagus yang memiliki tabung besar sehingga mampu mencuci lebih dari dua bantal dalam satu kali proses. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah deterjen dengan kualitas yang baik dan bisa juga ditambahkan pemutih kira-kira satu tutup botol untuk bantal-bantal yang warnanya sudah agak kekuningan.

Biasanya mesin cuci yang bagus memiliki dua sambungan ke sumber air panas dan dingin. Kebanyakan noda bisa dengan mudah terangkat menggunakan air dingin. Akan tetapi, ada beberapa noda, seperti noda lemak dari makanan tumpah, yang proses pencuciannya lebih baik menggunakan air panas. Jika proses pencucian telah selesai dilakukan, namun masih terdapat noda yang menempel, Anda dapat mengulangi proses tersebut sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Proses Mengeringkan Bantal

Untuk mencegah bau apek, setelah selesai mencuci, bantal harus langsung dikeringkan. Pada dasarnya ada dua cara untuk mengeringkan bantal.

Pertama, mengeringkan bantal menggunakan mesin pengering pakaian atau dryer. Sama halnya dengan mesin cuci, ada banyak sekali model dan tipe mesin pengering pakaian. Dengan menggunakan mesin pengering, kita bisa mengatur tingginya suhu pengeringan sehingga bantal-bantal bahkan dapat langsung digunakan atau dikenal dengan istilah cupboard dry. Tetapi, sayangnya harga mesin pengering pada umumnya cukup mahal. Bahkan untuk beberapa model harganya hampir sama mahalnya dengan mesin cuci.

Lalu, apa solusi lain untuk mengeringkan bantal-bantal kita? Cara lain adalah mengeringkannya secara alami di bawah sinar matahari. Siklus terakhir pencucian menggunakan mesin cuci sebenarnya juga melalui proses pengeringan atau spinning. Tetapi, seperti yang teman-teman ketahui, setelah proses spinning masih ada sisa lembab pada bantal kita. Disinilah pentingnya tetap melakukan pengeringan secara alami.

Anda cukup menjemur bantal di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih 2 hingga 3 jam. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada saat panas matahari sedang pada puncaknya, yaitu di antara pukul 10 pagi hingga 3 sore.

Menjemur bantal pada saat pagi, sore atau malam hari, atau pada saat langit mendung, akan memakan waktu lebih lama. Selain itu, menjemur bantal dalam kondisi matahari dan langit yang tidak maksimal, kita memberikan kesempatan kepada uap-uap air yang tersisa dari proses pencucian untuk terperangkap lebih lama di dalam bantal. Akibatnya, setelah kering pun, bantal akan berbau apek.

Lakukanlah pencucian bantal anda secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya. Anda dapat mencuci sarung bantal setiap dua minggu sekali sedangkan Anda dapat mencuci bantal setiap empat bulan sekali.

Artikel oleh Banyu

Keywords:

  • cara menghilangkan bau pada bantal
  • cara mencuci bantal kapuk