Use-Fruits-Face

Siapa sih yang tidak ingin kulitnya tampak sehat dan cerah? Bahkan untuk mendapatkan kulit yang sempurna banyak orang rela mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk melakukan perawatan pada kulit mereka. Padahal, banyak cara alami yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak.Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengkonsumsi buah -buahan. Selain untuk kesehatan tubuh manusia, buah –buahan juga berkasiat untuk mencerahkan kulit secara alami.Berikut ini merupakan 5 jenis buah yang dapat membantu menyehatkan sekaligus mencerahkan kulit.

1. Apel

Selain enak untuk dikonsumsi, apel merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Selain menjaga kondisi tubuh, kandungan vitamin dalam buah apel mampu membuat kulit Anda lebih cerah. Anda dapat menjadikannya sebagai masker dan peeling alami bagi kulit untuk mencerahkan wajah, leher maupun kulit kaki dan tangan.

2. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang terkenal manfaatnya untuk melancarkan pencernaan. Selain bermanfaat bagi pencernaan, ternyata papaya juga sangat berkhasiat bagi kecantikan kulit. Di dalam papaya terkandung Vitamin A, C, B kompleks dan E, yang mana Vitamin A dan E dianggap sangat baik bagi kesehatan kulit. Buah papaya dapat membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang mencegah terjadinya penuaan dini, keriput dan masalah kulit lainnya. Ambil sepotong pepaya, hancurkan lalu pijat dengan lembut pada wajah dan leher selama 5-7 menit. Biarkan selama 10 menit dan bilas wajah anda dengan air hangat.

3. Lemon

Di dalam buah lemon terdapat kandungan alami yaitu AHA atau Alpha-Hidrocxy Acid yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah sel kulit mati. Selain itu, lemon juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang kusam terutama di bagian siku. Jika anda mempunyai masalah dengan siku yang hitam, anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara menggosokan irisan buah lemon kesiku anda, diamkan selama 10 menit lalu bilas siku anda dengan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin.

4. Alpukat

Buah yang memiliki nama latin persea Americana ini sudah dari jaman dahulu terkenal dengan kasiatnya yang berguna bagi kecantikan kulit. Alpukat dapat dimakan secara langsung maupun dijadikan sebagai masker kulit wajah dan tubuh yang bemanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.Caranya sangat mudah, cukup dengan menumbuk atau memblender daging buah alpukat lalu oleskan secara menyeluruh kebagian muka dan kulit yang diinginkan. Diamkan selama 15 menit kemudian basuh dengan air hangat dan keringkan dengan haduk bersih.

5. Mangga

Buah yang segar untuk dikonsumsi ini ternyata juga memberikan manfaat yang baik bagi kulit. Ahli gizi menemukan bahwa kandungan serat dalam mangga sangat tinggi, termasuk juga Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kulit, mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka,dan mengatasi masalah jerawat, serta menghaluskan siku, lengan dan lutut.  Mengkonsumsi mangga secara teratur dapat membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar. Vitamin C, dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit lebih sehat.

6. Bengkoang

Seperti warna putih pada dagingnya, buah bengkoang sudah dipercaya sejak lama bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan di dalamnya juga dipercaya dapat menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah. Bengkoang dapat dimakan secara langsung maupun dijadikan masker pada kulit wajah dan tubuh.Untuk dijadikan masker, tumbuk halus buah bengkoang, oleskan pada bagian kulit wajah dan tubuh yang diinginkan, diamkan selama 15 menit lalu bersih kandengan air hangat.

Tidak ada salahnya mencoba gunakan bahan-bahan alami tersebut. Selain bermanfaat banyak bagi kulit anda biaya yang dikeluarkanpun tidak mahal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

By Cynthia Ramli