warming up

warming up

Sebagian masyarakat sudah mulai paham akan pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Namun kesadaran akan pentingnya pemanasan sebelum olahraga masih sangat kurang. Saat ini masih banyak masyarakat yang menyepelekan pemanasan karena dianggap kurang penting dan merepotkan. Padahal pemanasan juga harus tetap kita lakukan walaupun hanya melakukan olahraga ringan. Lalu, apa sebenarnya arti pemanasan dan manfaat dari pemanasan itu sendiri?

Pemanasan olahraga yaitu merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika kita melakukan olahraga atau latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot. Selain itu tujuan dari pemanasan yaitu untuk mempersiapkan otot agar mampu bekerja dengan baik, di mana oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan sudah siap untuk digunakan.

Manfaat yang bisa kita dapat dari melakukan pemanasan sebelum memulai aktifitas olahraga yaitu meningkatkan suhu tubuh beserta jaringan-jaringannya, memperlancar aliran darah melalui otot-otot aktif, meningkatkan detak jantung sehingga dapat mempersiapkan kerja sistem jantung dan pembuluh darah, menaikkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh, memperlancar pertukaran (pengikatan) oksigen dalam hemoglobin, meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal saraf yang mengendalikan gerakan tubuh, meningkatkan efisiensi dalam proses reciprocal innervation, sehingga memudahkan otot-otot kita berkontraksi dan rileks secara lebih cepat dan efisien. Mengurangi adanya ketegangan pada otot, meningkatkan kemampuan jaringan penghubung dalam gerakan memanjang atau meregang dan meningkatkan kapasitas kerja fisik dan meningkatan kondisi tubuh secara psikologis.

Namun, pemanasan yang tepat juga tergantung pada jenis olahraga yang akan kita lakukan, kondisi badan secara umum dan tentunya faktor usia juga sangat menentukan kadar pemanasan dan olahraga yang dilakukan. Penting diketahui bahwa pemanasan yang dilakukan oleh seorang yang terlatih atau atlet olahraga tentunya ada perbedaan dengan orang awam. Pemanasan yang tepat biasanya dilakukan cukup 10 menit sampai 15 menit saja, jika terlalu lama dan berlebihan justru akan menyebabkan kelelahan.

 

Artikel oleh Mutiara Putri Utami

twitter @mutiaratami