wisata sarwana

wisata sarwana

Sedikit lebih jauh dari Anyer, Banten punya pantai yang tak kalah cantik dan eksotis yaitu keindahan Desa Sawarna dan nikmati surga tersembunyi dari Banten. Sawarna merupakan salah satu desa di Kecamatan Lebak, Kabupaten Bayah Provinsi Banten. Desa ini menyimpan banyak tempat wisata. Tahukah Anda, jika di kawasan Lebak, Banten, tepatnya di Desa Sawarna ada tempat yang memiliki keindahan luar biasa.

Panorama keindahan alam di desa ini cukup menawan dan Pantainya pun masih alami dan asri, tercipta dari birunya air laut, bersihnya pantai dan banyaknya pemandangan sawah terhampar di kawasan ini. itu sebabnya kawasan wisata ini paling banyak diburu oleh backpacker dari seluruh dunia saat musim liburan tiba dan sering dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara.

Jalan raya menuju tempat wisata ini pun sudah memadai. Sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemadangan pantai dengan pasirnya yang putih dan jalanan yang berkelak kelok sambil melihat pohon pohon karet di sepanjang jalan.

Tetapi Pemerintah kota belum menggarap potensi wisata ini secara serius. Hal ini bisa dilihat dari beberapa jalan yang rusak dan belum disediakan transportrasi khusus untuk sampai ke tempat ini. Padahal jika digarap secara serius dan profesional, Sawarna akan menjadi tempat wisata yang lebih diminati

Ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi di Desa Sarwana, yaitu Karang Taraje, Laguna Pari, Tanjung Layar, Goa Lalay. Yang pertama adalaha Karang Taraje memiliki keindahan Hampir seluruh pantai ditempat ini dipenuhi oleh karang-karang cantik, hasil pahatan alam. Karang-karang di pantai ini terbentuk selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun lalu. Untuk yang hobi memotret, karang di tempat ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai objek untuk mengolah berbagai gaya yang diinginkan. Belum lagi kolam-kolam kecil dipenuhi ikan-ikan kecil yang indah yang terdapat di tengah-tengah karang, sungguh sangat mengagumkan.

Yang kedua, Laguna Pari memiliki Pantai yang landai dan punya pasir putih yang halus. Laguna Pari ini jauh lebih bersih dari sampah. Di pinggir pantai berjejer kapal-kapal nelayan yang pulang melaut. Pepohonan dan warung-warung penjual makanan juga tersedia di sini, tapi dengan jumlah yang terbatas tentunya. Laguna Pari letaknya memang seolah tersembunyi. Sebab, pantainya belum bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor. MEdan jalanan yang menanjak dan berbatu, sepertinya juga sulit dilalui oleh sepeda motor. Meski ada jasa ojek di sana, tetap saja, rasanya ngeri naik motor di jalanan seperti ini.

Selanjutnya adalah Tanjung Layar salah satu tempat wajib yang harus didatangi jika berkunjung ke Sawarna. Tanjung Layar ini merupakan batu karang yang besar dan bentuknya menyerupai layar sebuah kapal. Walaupun letaknya di laut, tetapi masih bisa dengan mudah mendekati Tanjung Layar jika air surut. Di belakang dua bukit ini,sangat mempesona dengan hempasan ombak yang membentuk karang setinggi tiga meter lebih. Setiap deburan ombak yang membentur karang, menghempaskan air yang terbawa angin akan sangat menakjubkan.

Di Sawarna pun terdapat berbagai goa yang menarik dan unik salah satunya adalah Goa Lalay. Goa ini terdapat di Kampung Cipanas, Sawarna. Di dalam goa, bisa melihat koleksi stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Selain itu di bagian dalam goa ini un dikelilingi banyak air sehingga untuk memasukinya harus dipandu oleh pemandu yang handal.

Jika tertarik mengunjungi Sawarna, ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk bisa ke sana. Bila membawa kendaraan pribadi, bisa melalui jalur Serang atau Sukabumi.

Jalur via Serang bisa ditempuh sekitar 6 jam dengan rute Jakarta – Serang – Pandeglang – Malimping – Lebak – Desa Sawarna. Sedangkan Rute Sukabumi bisa melalui Pelabuhan Ratu dan terus lurus hingga tembus ke kawasan Sawarna ini.

 

Artikel oleh Shifa Yulivia

sumber gambar: postberita.com