cappadocia

cappadocia

Liburan kali ini tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengunjungi tempat-tempat bersejarah, selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan tapi kamu juga bisa menemukan hal unik yang belum pernah kamu rasakan. Salah satu tempat bersejarah yang cantik dan bisa kamu kunjungi yaitu Cappadocia di negara Turki.

Cappadocia, yang dalam bahasa Persia berarti “Land of Beautiful Horses” atau “Tanah Kuda-Kuda Cantik”, yang memiliki sejarah berumur 3.000 tahun. Cappadocia adalah salah satu daerah yang paling sering menjadi tempat tujuan utama para wisatawan ke Turki , selain pemandangannya bagaikan di negeri dongeng namun juga bentuk formasi bukit, batu dan gua-gua yang tampak unik menyerupai bulan dan terbentuk dari proses alam selama ribuan tahun. Jika kamu ingin menikmati seluruh keindahan alam Cappadocia dari atas, disana banyak ditawarkan terbang dengan Hot Air Balloon atau balon udara. Kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam Cappadocia dengan latar belakang matahari terbit dan ratusan balon warna-warni melayang di langit biru. Selain berwarna-warni, besar keranjang dan ukuran balon udara pun berbeda-beda dengan kapasitas antara 6 hingga 24 orang.

Selain itu salah satu keindahan yang terdapat di Cappadocia adalah Underground Cities di Kaymakli, atau kota-kota di bawah tanah. Kamu juga dapat mencoba merasakan sensasi menginap di Cave House atau rumah gua yang dibuat dengan cara menggali bebatuan menjadi sebuah hunian. Namun, tak lengkap tentunya jika kamu berwisata tetapi belum mengunjungi Göreme Open-Air Museum, yaitu museum alam terbuka yang memiliki kontur unik. Museum ini memiliki koleksi terbaik untuk gua-gua purba yang pernah digunakan sebagai gereja kaum Nasrani di masa lalu. Di tembok-tembok bagian dalam gua tersebut, terdapat banyak ukiran dan gambar-gambar ornamental nan indah yang dibuat pada tahun 1000-1200, hingga sekarang komplek gereja dalam gua ini dinamakan “Gereja 1000 tahun”.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Negeri Corobong Peri ini , ada beberapa hal penting yang harus kamu tahu, jika lokasi kamu dari Istanbul, kamu bisa menggunakan direct flight dengan Turkish Airlines, ke Nevsehir, kota di Cappadocia. Lama penerbangan sekitar 1 jam 15 menit. Tetapi, Jika ingin menikmati pemandangan, kamu bisa terbang dari Istanbul ke Antalya dan melakukan perjalanan dengan overnight bus ke Cappadocia sekitar 10-11 jam. musim semi dan panas, sekitar bulan Mei – Agustus adalah saat paling tepat untuk naik balon udara. Selain itu saat musim dingin lanskap Cappadocia yang unik akan tertutup salju dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

 

Artikel oleh Mutiara Putri Utami

Twitter : @mutiaratami