bahaya memakai kontak lensa

bahaya memakai kontak lensa

Guna lensa kontak selain sebagai pengganti fungsi kacamata untuk menambah kepercayaan diri juga dapat digunakan untuk menambah daya tarik khusunya bagi para wanita. Tetapi pemakaian lensa kontak dengan cara yang salah dapat membahayakan dan berakibat fatal seperti iritasi mata, infeksi kornea hingga kebutaan.

Terdapat beberapa hal-hal yang perlu dihindari dalam pemakaian lensa kontak:

Jangan tidur dalam kondisi masih memakai lensa kontak karena bisa menyebabkan frame lensa patah di mata saat anda tidur. “Dan jika anda mencubit lensa terlalu ketat, anda berisiko melanggar itu dan mendapatkan sebuah fragmen terjebak di mata anda.” kata Dr Lee Hung Ming, Direktur Medis dari Klinik Mata Parkway di Gleneagles Hospital, Malaysia.

Yang kedua adalah memakai wadah lensa lebih dari tiga bulan, hal ini dapat berbahaya karena wadah dapat menyimpan bakteri yang berasal dari cairan pembersih bekas, walaupun terlihat bersih cairan bekas mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan mata maka gunakanlah cairan yang baru untuk menyimpan lensa.

Yang ketiga hindarilah mencuci lensa kontak dengan air keran karena akan menimbulkan bakteri di kontak lensa anda. “Cacing ini ditemukan di banyak tempat, termasuk air keran,” kata Dr Yong Ming Por, konsultan ahli bedah di Bedah mata Eye Jerry Tan. “Dan ketika anda membilasnya menggunakan air tersebut, parasit ini bisa berakhir pada lensa anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi mata yang sangat parah dan bahkan kebutaan,” ujar Dr Lee.

Dan yang paling sering dilakukan adalah memakai lensa kontak terlalu lama, hal ini menyebabkan kuman menumpuk dimata apalagi jika anda tidak memakai cairan pembersih maka mata akan kering dan bisa terjadi iritasi. Maka disarankan pastikan tangan anda bersih saat akan memasang lensa, lepaslah lensa saat akan tidur, gosoklah lensa perlahan agar dapat menghilangkan bakteri, jamur, dan ragi tetap pada permukaan lensa, ganti wadah setidaknya 3 bulan sekali dan patuhi jadwal penggantian lensa kontak anda sesuai anjuran dokter.

 

Artikel oleh  Permata Desliana

Keywords:

  • ######################