menghilangkan jerawat saat hamil

menghilangkan jerawat saat hamil

Jerawat adalah salah satu masalah yang sulit dipecahkan untuk ibu hamil, karena pada masa kehamilan, setiap dokter tidak memperkenankan bumil untuk pengobatan atau perawatan wajah apapun. Banyak ibu hamil-ibu hamil yang meskipun saat remaja mereka tidak pernah timbul jerawat, saat hamil mengalami keluhan ini. Hal ini terjadi karena saat hamil terjadi banyak perubahan hormonal yang dapat mengakibatkan hiperpigmentasi pada kulit (bercak coklat) dan timbul jerawat.

Tetapi, ibu-ibu hamil di jaman sekarang, apalagi hamil muda, pasti ingin wajahnya terlihat tetap bersih dan bebas dari jerawat walaupun sedang berbadan dua. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk para bumil agar wajah tetap terlihat bersih dan bebas dari jerawat:

Perbanyak asupan cairan

Seperti yang kita tahu, tubuh kita terdiri atas 60-70% air, bahkan sel tubuh kita dapat mengandung sebanyak 75-80% air. Selain perbanyak asupan cairan dapat menghindari dehidrasi, juga dapat menjaga kondisi dan kekenyalan kulit.

Gunakan masker wajah alami

Masker wajah alami atau masker yang dibuat sendiri ini dapat menggunakan berbagai macam bahan, seperti telur, kulit jeruk dan susu, Ketimun, minyak zaitun, dan susu, bengkoang, tomat, almond, buah kiwi, dan pepaya.

Rajin mencuci wajah

Mencuci wajah dilakukan menggunakan air bersih. Sebaiknya mencuci wajah tiga kali sehari karena dapat membersihkan mikroba patogen, menjaga keseimbangan mikroba kulit, dan menghilangkan keringat dan sebum kulit yang telah bercampur dengan kotoran berupa debu dan polutan.

Kurangi goreng-gorengan

Makanan goreng gorengan mengandung banyak minyak yang akan membuat kulit wajah tambah berminyak sehingga jerawat mudah sekali timbul dan dapat memicu terjadinya penuaan pada wajah.Tidak hanya itu, goreng-gorangan juga tidak baik untuk ibu hamil karena umumnya gejala mual dan muntah muncul akibat rangsangan makanan yang mengandung banyak minyak.

Setelah melakukan tips-tips tersebut secara rutin, bagi ibu hamil yang memiliki keluhan dengan tumbuhnya jerawat, cepat atau lambat jerawat akan hilang dan wajah akan tetap terawat serta bebas dari jerawat sampai masa kehamilan selesai.

 

Artikel oleh Ineke Mazaya Putri Sera

Keywords:

  • jerawat saat hamil muda