oil pulling

oil pulling

Sekarang banyak orang menghabiskan uang banyak untuk merawat dan memelihara gigi mereka. Banyak juga produk-produk yang ditawakan untuk merawat dan menjaga gigi kita. Salah satu produk yang sangat populer dan sangat digemari oleh orang- orang adalah pemutihan gigi. Pemutihan gigi bukan saja dilakukan di klinik esthetic gigi tapi juga dapat dilakukan di rumah dengan berbagai metode. Beberapa metode menawarkan hasil yang instan dan ada juga yang harus melalui beberapa tahap dan memerlukan waktu.

‘Oil pulling technique’merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi berlubang dan dapat memutihkan gigi tanpa mem-bleach atau dengan bahan kimia yang berbahaya. Teknik ini berasal dari metode pengobatan tradisional hindu yang bernama Ayurvedic. Ayurvedic sediri sudah dipraktekkan dari 3000 sampai 5000 tahun yang lalu.

Pada dasarnya teknik ini adalah berkumur dengan minyak untuk mengangkatsemua bakteri yang ada didalam mulut. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan teknik ini dapat dapat mengurangi tumbuhnya mikroorganisme pada sample group yang menggunakan teknik ini. Dari hasil studi tersebut orang yang menggunakan teknik ini secara teratur tidak memiliki masalah gigi. Ini merupakan teknik yang terkenal untuk pencegahan yang dapat dilakukan dirumah pada negara berkembang seperti India karena cara ini lebih ekonomis.

Untuk melakukan ‘Oil Pulling’ teknik ini membutuhkan:

• Minyak, untuk hasil yang bagus gunakan minyak kelapa, menggunakan minyak apa saja kecuali minyak canola.

• Sendok makan

Pertama, tuangkan minyak kelapa ke sendok, berkumurlah selama 20 menit dengan minyak tersebut. Setelah 20 menit buang minyak tersebut (jangan sampai tertelan) karena minyak tersebut sudah mengandung bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

Minyak yang paling bagus untuk melakukan teknik ini adalah minyak kelapa karena minyak kelapa mengandung luric acid- yang memiliki antimicrobial yang dapat membunuh bakteri dan jamur. Strep mutans merupaka bakteri penyebab utama dari gigi berlubang. Dengan alasan diatas dan studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mencegah gigi berlubang.

Diharapkan untuk tidak membuang sisa minyak kelapa yang sudah digunakan ini ke wastafel karena minyak kelapa dapat berubah menjadi padat dan dapat menyumbat saluran air.

Oleh: Fitri Frisdianti

LSPR- Jakarta

images : google

Keywords:

  • testimoni oil pulling