obat sakit kepala

obat sakit kepala

Tak lama lagi kita akan segera menyambut datangnya bulan ramadhan atau bulan puasa. Puasa memiliki banyak manfaat terutama dari segi kesehatan. Namun tidak dapat dipungkiri puasa juga dapat menimbulkan beberapa gejala penyakit bagi orang-orang tertentu. Untuk itu anda perlu mempersiapkan agar gejala penyakit tidak datang dan mengganggu ibadah puasa anda. Gejala penyakit bisa timbul karena cara berpuasa yang tidak benar. Yuk intip 5 cara mengatasi penyakit di bulan puasa:

• Stop merokok dan minum kopi saat bulan puasa

Kegiatan merokok dan minum kopi dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. Sakit kepala terjadi karena kurangnya pasokan glukosa dalam jumlah normal, sedangkan aktivitas yang berlangsung seperti biasa.sakit kepala dapat lebih parah bagi pengkonsumsi rokok dan kopi karena tidak adanya asupan nikotin dan kafein yang biasa didapatkan pada siang hari. Oleh karena itu kurangi porsi merokok dan minum kopi secara bertahap setidaknya seminggu sebelum ramadhan tiba agar tidak menggangu kenyamanan anda saat beribadah puasa

• Perbanyak makan sayur,buah dan minum air putih

Sayur dan buah kaya akan vitamin, serat dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Dengan mengkonsumsi sayur,buah dan banyak minum air putih dapat mencegah terjadinya penyakit pencernaan yaitu, perut kembung,sembelit,diare dan penyakit lain seperti sariawan,Penyakit tersebut dapat timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak,berminyak,bersantan,pedas dan lainnya. Maka perbanyak mengkonsumsi sayur,buah dan air putih atau produk susu yang mengandung mineral pada saat sahur dan berbuka agar asupan vitamin,serat dan mineral yang diperlukan dapat tercukupi saat berpuasa.

• Tambahkan porsi minum dan garam

Lemah,letih,lesu,pusing,lelah,kurang tenaga adalah beberapa gejala dari penyakit tekanan darah rendah. Hal tersebut biasa dialami oleh orang – orang yang menjalani ibadah puasa karena selama lebih dari 12 jam tidak mengkomsumsi makanan dan minuman apapun sehingga berkurangnya asupan gizi untuk tubuh. Cara mengatasinya adalah dengan menambahkan porsi minum air dan garam pada saat makan malam.

• Atur pola tidur pada saat bulan puasa

Pola tidur tidur yang baik akan sangat membantu agar lebih maksimal dalam beraktivitas keesokan harinya. Pada saat bulan puasa terjadi perubahan pola tidur atau jam tidur karena adanya kegiatan sahur sebelum waktu subuh. Dengan pengaturan pola tidur yang baik akan terhindar dari penyakit sakit kepala dan dapat beraktivitas seperti biasa.

• Kurangi makanan dan minuman manis

Memasuki bulan puasa akan banyak terlihat para penjual makanan dan minuman khas berbuka seperti, kolak,es buah,es campur dan lainnya . Semua makanan minuman tersebut sangat menggungah selera apalagi jika sudah dekat waktu berbuka puasa. Namun
makanan dan minuman tersebut mengandung gula yang tinggi sehingga dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Terutama bagi penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis agar tidak terjadi penaikan kadar gula darah yang drastis, bila kadar gula darah meningkat akan sangat membahayakan para penderita diabetes. Tidak hanya untuk para penderita diabetes,tetapi bagi orang biasa dianjurkan agar mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Walaupun hal tersebut sering dialami setiap orang yang berpuasa, namun dengan mengantisipasi dan menghindari hal tersebut dapat membantu anda memaksimalkan ibadah puasa anda saat bulan ramadhan.

 

Artikel oleh Annisa Oktavia R