cara alami merawat rambut

cara alami merawat rambut

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Setiap orang pasti ingin terhindar dari permasalahan rambut seperti rambut rontok, rusak, kering dan bercabang. Maka dari itu sangat diperlukannya perawatan untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan indah, terutama bagi para wanita. Memiliki rambut yang sehat dan indah adalah dambaan bagi setiap wanita, oleh karena itu mereka rela melakukan perawatan secara alami maupun perawatan di salon.

Tidak sedikit orang yang mempunyai masalah dengan rambut. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab kurangnya percaya diri karena rambut merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang penampilan.

Pada dasarnya, merawat rambut bukanlah hal yang sulit, apabila kita mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan tepat, sesuai jenis rambut yang dimiliki. Berikut beberapa cara-cara dalam merawat rambut secara alami agar tidak mudah rusak:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan dan menjaga kesehatan rambut. Gunakanlah minyak zaitun hangat pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan shampoo. Lakukan sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

2. Minyak Alami

Minyak alami yang dapat digunakan disini seperti minyak kelapa, minyak almond dan minyak bunga matahari berguna untuk merawat rambut kering dan bercabang serta dapat meningkatkan kelembutan rambut. Caranya dengan mengoleskannya setelah keramas, kemudian bungkus rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Mayonaise

Mayonaise bermanfaat untuk melembutkan dan meningkatkan minyak alami pada rambut. Cara mengaplikasikannya adalah setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayonaise lalu bungkus rambut dengan handuk panas atau shower cap. Diamkan hingga 20-25 menit, lalu bilas dengan shampoo bayi atau shampoo herbal.

4. Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk melembutkan dan melembabkan rambut. Alpukat dapat dijadikan sebagai masker rambut dengan cara diblender dan mencampurkannya dengan dua butir putih telur. Oleskan pada rambut secara menyeluruh, diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

5. Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat untuk mengurangi rambut rusak dan menjadikan rambut lebih halus dan lembut. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum dan tambahkan air secukupnya. Lalu oleskan keseluruh rambut setelah keramas yang masih dalam keadaan basah dan diamkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih tanpa menggunakan shampoo.

6. Putih Telur

Putih telur bermanfaat untuk melembabkan rambut yang kering atau rapuh. Gunakan 1⁄2 cangkir campuran telur dan oleskan ke rambut secara menyeluruh dalam keadaan basah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Demikian beberapa cara merawat rambut secara alami yang dapat dipraktikan. Mudah bukan mendapatkan rambut yang sehat dan indah dengan tidak mengeluarkan biaya yang mahal? Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya dan selamat mencoba.
Artikel oleh Anisah Firdaus Bandu