taman-surapati

Setiap hari Minggu di Taman Suropati, selalu terdengar alunan permainan musik yang begitu indah dari komunitas Taman Suropati Chamber ( TSC ). Komunitas ini merupakan komunitas parape main alat musik seperti biola, viola, cello, dan gitar yang selalu berkumpul untuk latihan bersama di bawah pohon – pohon tinggi dan rindang di Taman Suropati dari pagi hingga sore hari.

TSC telah menerima penghargaan dari MURI pada bulan Agustus 2009, sebagai komunitas music taman pertama di Indonesia berkat jerih payah Ages Dwiharso, salahseorang pendiri TSC. Kepeduliannya terhadap keindahan dan kelestarian musik Indonesialah yang mendorong Ages untuk mendirikan komunitas music ini. Disampingitu, TSC juga telah dipercaya untuk dapat menampilkan penampilan terbaiknya di Istana Negara, Java Jazz 2014, Gedung Kesenian Jakarta, dll.

Komunitas ini terbagi menjadi beberapa kelas, dengan mengambil filosifi bagian –bagian dari tumbuhan. Kelas bibit yang merupakan kelas pemula bagi siapapun yang  belum pernah memegang alat music sebelumnya, kelas akar bagi para pemain musik lanjutan, dan kelas batang bagi para pemain alat musik yang sudah mahir memainkan alat musik pilihan mereka.

TSC bersifat terbuka bagi siapapun. Anak – anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, hingga kalangan orang tua yang berumur 40 atau 50 tahun juga ikut bergabung dalam komunita sini.”TSC terbuka bagi mereka yang ingin belajar music dengan background apapun. Muai dari pedagang, pelajar, pegawai kantor, hingga pengusaha, semua terkumpul dalam TSC.”, ungkap Ages Dwiharso. Bila berminat, datang saja langsung ke Taman Suropati setiap hari Minggu.

by SURIANTO