uCpZ0N6

Jerawat yang betah di muka suka membuat penampilan jadi tidak maksimal dan tidak percaya diri, baik bagi laki-laki dan perempuan. Tapi tenang saja, berikut tips-tips ampuh yang akan dibagikan spesial untuk Anda.

1. Cuci muka dua kali sehari (pagi sebelum beraktifitas dan malam setelah beraktifitas) dengan menggunakan sabun muka yang mengandung pH asam 4,5–6. pH tersebut merupakan pH yang seimbang dengan berbagai jenis kulit muka.

2. Gunakan face tonic dan sunblock sebelum memulai aktifitas. Bagi yang memiliki jenis kulit normal dan kering dapat menggunakan moisturizer cream sebelum memakai sunblock.

3. Setelah beraktifitas, jangan lupa bersihkan kulit muka dengan cleansing milk, lalu cuci muka seperti biasa.

4. Oleskan face tonic yang berfungsi untuk mensterilkan muka pada malam sebelum tidur, serta night cream yang mengandung zat anti acne dan anti biotik.

5. Hindari makanan yang berminyak atau goreng-gorengan, santan, daging yang berlemak, minuman bersoda, bir, kopi, kacang tanah, durian, alpukat, cokelat, cabe, dan kacang mete.

6. Minum air putih minimal delapan gelas per hari.

7. Pastikan muka bersih dan bebas dari make up sebelum tidur.

8. Tidak memencet jerawat dengan menggunakan kuku atau tangan, karena bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya melakukan facial di klinik atau salon yang sudah terlatih sebulan sekali.

9. Jangan memakai sabun cuci muka yang mengandung scrub ketika jerawat sedang merah dan meradang, sebab dapat mengakibatkan iritasi.

10. Rajin mengkonsumsi sayur dan buah.

11. Tidak menutupi dahi yang berjerawat dengan poni.

12. Jangan menggunakan make up yang tebal, karena akan merangsang bertambahnya jerawat. Apalagi menutup jerawat dengan make up tebal, karena akan mengakibatkan infeksi pada jerawat semakin parah.

Semoga 12 tips di atas dapat membantu kamu agar jerawat kapok dan tidak balik lagi. Jangan sampai terlambat dalam menangani jerawat secara tepat, agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat datang wajah bebas jerawat!

 

by Felicia Rustandi

Keywords:

  • sabun yang memiliki pH normal kulit (5-6)