lidah, otot terkuat

lidah, otot terkuat

sumber gambar : google

Lidah manusia merupakan kumpulan otot rangka yang terdapat pada bagian lantai mulut yang berfungsi untuk membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan serta turut membantu dalam tindakan berbicara dan membolak balik makanan dalam mulut. Lidah merupakan indera pengecap yang memiliki struktur 10.000 tunas pengecap dan tanpa lidah manusia tidak dapat merasakan rasa pedas, manis, asin, asam.

Lidah terdiri dari 16 kelompok otot, dan merupakan otot yang paling fleksibel.. Hal ini juga mengandung amandel lingual, pada daerah posterior yang membantu menjaga keluar mikroorganisme.

Otot lidah di anggap sebagai otot yang paling kuat karena otot tersebut hampir tidak pernah beristirahat dan terus bekerja. Otot lidah utama digunakan saat sedang mengkonsumsi makan maupun minum lalu mendorong makanan maupun minuman yang di konsumsi dari mulut masuk ke tenggorokan.

Saat sedang tidur pun otot lidah masih terus bekerja, otot lidah aktif bekerja tanpa beristirahat dengan tujuan supaya dapat menjaga agar saliva terus di produksi di dalam mulut. Itulah alasan mengapa otot lidah termasuk sebagai otot terkuat yang ada dalam tubuh manusia.

 
Penulis : Stefani Gloria