Resep Homemade Non- dairy Milk

Resep Homemade Non- dairy Milk

Susu adalah salah satu sumber cairan yang putih yang sehat bagi tubuh. Biasanya susu diperoleh dari sapi perah. Apa bila bosan dengan susu sapi biasa atau alergi dengan susu sapi. Ada beberapa pilihan lain untuk menganti susu sapi dengan membuat susu sendiri dirumah yang dijamin kualitasnya juga baik untuk tubuh karena tidak mengandung lemak jahat. Anda dapat mencoba sendiri membuat susu non-dairy ini.

1. Susu Oat : susu oat ini terasa creamy dan aslinya manis, susu oat cocok dalam masakan tapi sedikit padat untuk membuat kue. Mudah untuk membuatnya dirumah hanya dengan didihkan oat dan air dinginkan lalu saring agar tidak ada oat yang tercampur dalam susu.

2. Susu Almond : susu ini terasa creamy dan sedikit terasa kacangnya. Susu ini sangat cocok sekali jika dicampurkan ke teh, kopi dan smoothie, juga dalam memasak atau dicampurkan dengan sereal . Kacang almond ini juga baik untuk mengurangi penyakit jantung karena kacang almond sendiri memiliki lemak yang baik bagi tubuh. Cara membuatnya : siapkan kacang almond, rendam semalam, lalu campurkan dengan air dan blender lalu saring.

3. Susu Hazelnut : susu ini rasanya ringan yang kaya akan rasa kacangnya. Susu ini cocok unuk minuman dan makanan penutup yang ringan akan tetapi susu kacang hazelnut ini sangat tidak cocok untuk masakan dan membuat kue. Cara membuatnya : siapkan kacang hazelnut, rendam semalam, lalu campurkan kacang hazelnut yang sudah di rendam semalam dengan air lalu blender dan saring.

4. Susu Kacang mete : susu kacang mete ini terasa smooth, creamy dan sedikit terasa kacangnya dan manis. Susu kacang mete ini sangat cocok untuk memasak, dessert , dan cocok untuk membuat krim. Cara membuat susu kacang mete ini sama mudahnya seperti membuat susu almond, hazelnut.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat susu non dairy :

1. Pemilihan kacang dan oat yang bagus yang kacangnya tidak rusak, tidak berbau dan tidak ada serangga kecil. Karena akan berpengaruh kepada rasa dan kualitas susu nantinya.

2. Saat sesudah diproses baiknya segera konsumsi agar susu yang dipakai masih segar. Karena susu yang alami tanpa pengawet tidak akan bertahan lama

3. Jangan tambahkan gula atau pewarna karena susu pada kacang almond, kacang mete dan oat sudah alami rasa manisnya juga susu yang diberi perwarna akan rusak rasa susunya

4. Segera masukan ke dalam lemari es( kulkas) untuk tetap menjaga kesegaran rasa susu. Susu dapat bertahan dalam 2 – 3 hari jika di simpan di kulkas.

 

Artikel oleh Patricia Adelin

Keywords:

  • cara membuat susu kacang mete
  • cara membuat oat milk
  • susu kacang mete
  • membuat susu rasa hazelnut