Singer                                                                    images: Google

Pita suara adalah hal terpenting dan hal yang paling berharga yang dimiliki oleh seseorang, terlebih lagi penyanyi. Pita suara dapat menjadi sumber keuangan bagi beberapa orang. Dapat dibayangkan bagaimana jika orang yang hidupnya bergantung dengan bernyayi terserang penyakit di pita suaranya. Salah satu penyakit yang pita suara yang menjadi ‘momok’ bagi penyanyi adalah nodul pita suara.

Nodul pita suara atau sering disebut dengan nodul penyanyi adalah peradangan kronik setempat dengan pembentukan suatu massa jaringan peradangan yang letaknya pada perbatasan sepertiga depan dan sepertiga tengah pita suara. Nodul itu sendiri merupakan benjolan yang terdapat di pita suara, strukturnya mirip dengan mata ikan pada kaki atau kapalan di tangan. Benjolan ini menyebabkan pita suara tidak dapat bergetar, jadi dengan kata lain penderita nodules tidak dapat mengeluarkan suaranya.

Nodul pita suara ini biasanya disebabkan oleh trauma berulang pada pita suara, misalnya karena sering berteriak atau menggunakan suara secara berlebihan. Menggunakan suara dengan frekuensi yang rendah dan tidak biasa pun dapat menyebabkan nodul pita suara. Gejalanya serupa dengan penyakit tenggorokan lainnya yaitu suara menjadi serak.

Dengan mengistirahat kan suara serta terapi suarapun dapat dilakukan penderita untuk belajar bagaimana cara berbicara atau bernyanyi tanpa memberi tekanan pada pita suara. Sebagian besar nodul akan menghilang jika melakukan terapi seperti ini. Jika setelah melakukan terapi ini tidak ada perubahan yang berarti, nodul pita suara dapat disembuhkan dengan suntikan kortikosteroid, jika suntikan ini tidak dapat menyembuhkan penderita, maka cara yang dilakukan adalah dengan melakukan operasi. Biasanya operasi dilakukan terhadap penderita yang memiliki nodul ganas dan sudah menyebar kemana – mana.

Setelah melakukan operasi, bukan berarti penderita tidak dapat berbicara atau bernyanyi. Dengan mengistirahatkan pita suara dan melakukan terapi untuk beberapa minggu pasca operasi, penderita dapat kembali berbicara bahkan bernyanyi.

By Ulfah Nur Azzah Sulastaviani

Keywords:

  • nodul pita suara