manfaat bir untuk rambut

manfaat bir untuk rambut

sumber gambar: google

 

Bukanlah sebuah rahasia lagi bahwa rambut merupakan mahkota wanita. Memiliki rambut yang indah pastinya menjadi impian banyak orang. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga keindahan dan kesehatan rambut, seperti menggunakan hair tonic, vitamin rambut, conditioner, hingga pergi ke salon secara rutin untuk melakukan hair mask treatment dan creambath.

Tentunya tidaklah mudah untuk selalu merawat kesehatan rambut, terutama jika diharuskan untuk beraktifitas di siang hari dan terkena sinar matahari, yang dapat merusak rambut. Namun tak perlu khawatir lagi, karena ada perawatan rambut sederhana dan unik yang dapat dilakukan untuk tetap memiliki rambut yang sehat dan berkilau, seperti mencuci rambut dengan menggunakan bir.

Protein dan vitamin dalam bir terbukti dapat memelihara dan memperbaiki rambut yang rusak. Malt, merupakan zat yang terkandung di dalam bir, memberi nutrisi yang dapat menghaluskan rambut, sementara Ragi, dapat memperkuat helai dan meningkatkan volume pada rambut. Nyatanya, teknik ini sudah banyak digunakan oleh banyak hairstylist ternama, bahkan artis terkenal seperti Catherina Zeta-Jones pun mengungkapkan bahwa mencuci rambut menggunakan bir adalah rahasia rambut cantiknya.

“Karena bir kaya akan protein dan vitamin yang berasal dari Barley dan Hop, maka bir mengandung nutrisi untuk menyehatkan rambut,” tutur Dr. Ryan Welter, ahli bedah restorasi rambut yang berbasis di Massachusetts, berdasarkan hasil wawancaranya dengan Fox News Magazine. “Banyak orang telah merasakan manfaatnya, berupa rambut yang lebih penuh, tebal, dan berpola melalui teknik ini” tambah beliau. Stylist Luigi Parasmo, yang telah bekerjasama dengan brand ternama seperti Versace, Armani, dan Dolce&Gabanna, juga menyatakan bahwa “Bir bekerja dengan baik karena kandungan di dalamnya berperan sebagai pembersih dan pemberi kilau, juga memiliki efek lembut pada rambut.”

Nah, mulai penasaran bagaimana caranya untuk mencuci rambut kalian dengan menggunakan bir? Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini!

1) Buka sebotol bir (merek apapun) dan diamkan selama beberapa saat pada suhu ruangan, sehingga kandungan alkohol didalamnya hilang.

2) Cuci rambut Anda seperti biasa menggunakan shampoo, jangan gunakan kondisioner kali ini.

3) Setelah itu, secara perlahan tuangkan bir pada rambut Anda, pastikan bagian kulit kepala terkena, lalu pijat dengan lembut selama 1 menit.

4) Bilas rambut Anda dengan air dingin.

5) Jika Anda ingin memberikan aroma lebih harum pada rambut anda, gunakan kondisioner, lalu bilas dan keringkan. Rambut Anda akan berubah menjadi lembut, berkilau, dan harum.

Why wait now, ladies? Give it a try and good luck!

Oleh: Jane Novena