TR cerdas dan efektif

TR cerdas dan efektif

Setiap era membutuhkan cara komunikasi yang berbeda-beda. TR efektif dan cerdas harus bisa menjawab setiap tantangan. Tenant Relations (TR) adalah jembatan antara tenant dengan manajemen yang ada di suatu pusat perbelanjaan (mall). Fungsi seorang Tenant Relations dalam suatu pusat perbelanjaan (mall) semacam mediator antara tenant dengan manajemen. Peran TR dalam perspektif luas dikatakan sebagai corong manajemen untuk memberikan informasi kepada para tenant.

Komunikasi dan peran TR sangat berhubungan. Begitu pentingnya komunikasi dan peran TR dijelaskan oleh Indra Wahluya, Tenant Relations Supervisor dari Marketing and Communication Department Semanggi. Peran seorang Tenant Relations itu sangat penting dan bisa dikatakan sebagai bemper.  Maksud bemper disini, setiap masalah yang ada di mall itu akan dilimpahkan kepada Tenant Relations terlebih dahulu. Kenapa begitu? Karena seorang Tenant Relations memiliki hubungan yang lebih baik dengan tenant, jadi diharapkan dengan adanya fungsi Tenant Relations sebagai jembatan dapat memudahkan para tenant di suatu mall menerima keputusan yang dibuat oleh pihak mall.

Tenant Relations tidak hanya menangani complain dari para tenant tetapi juga membantu para tenant untuk meningkatkan bisnisnya. Dalam arti,ketika ada salah satu tenant yang mengalami kesulitan dalam bisnisnya, disini peran seorang Tenant Relations membantu dan mendukung usaha tenant tersebut dengan cara membuat promo penjualan yang baik,dll.

“Biasanya kita ada waktu untuk muter,waktu untuk ketemu dengan manajer, supervisor dari para tenant-tenant yang ada di mall”kata Indra Wahluya saat diwawancarai. Peran suatu TR dalam meningkatkan suatu perusahaan adalah dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan cepat tanggap ketika para tenant membutuhkan bantuan atau complain.

Berikut ada 2 tips yang diberikan oleh Indra Wahluya untuk menjadi seorang TR yang baik :

1. Kunci utamanya ya nggak boleh judes, friendly,hangat dalam membangun hubungan dengan tenant.

2. berani menghadapi masalah, ini penting karena terkadang kita menghadapi tenant yang marah belum tentu kita yang salah, jadi harus punya keberanian untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dan bisa mengambil keputusan yang tepat.

 

Artikel oleh Clariza Anandita

gambar : Google

Keywords:

  • tenant relation adalah
  • tugas tenant relation
  • tenant relation
  • apa itu tenant relation
  • tugas dan tanggung jawab tenant relation
  • tenant relation artinya
  • tugas tenant relation staff
  • tugas & tanggung jawab tenant relation officer
  • maksud dari tenant relation
  • Tugas dari Tenant Realation officer