tips menjaga pita suara penyanyi

tips menjaga pita suara penyanyi

Menjadi seorang penyanyi baik itu untuk kebutuhan komersial ataupun hanya sekedar hobi, tidaklah mudah. Butuh latihan yang cukup karena suara menjadi modal utama dalam bidang ini. Banyak hal – hal yang harus diperhatikan dan dipelajari untuk menjadi seorang penyanyi. Kali ini saya akan membagi beberapa tips – tips agar vokal tetap terjaga untuk seorang penyanyi :

1. Jaga kesehatan secara umum. Hal apapun yang dilakukan ketika sedang sakit akan teras lebih sulit dari biasanya. Begitu juga dengan bernyanyi. Nyanyi tidak akan prima ketika dalam kondisi tidak sehat

2. Stress mental dan fisik akan mengganggu performa vokal kita. Hindari stress karena itu juga akan mengganggu kesehatan. Olahraga secara rutin dapat membantu meredakan stress.

3. Atur pola makan. Hindari makanan yang terlalu berminyak, asin, manis, pedas, alkohol, kafein, dsb. Perbanyak minum air putih, karena selain baik untuk kesehatan juga baik untuk pita suara.

4. Hindari dehidrasi. Sama seperti tubuh, pita suara juga butuh cukup cairan agar tetap lentur. Minimal 7 – 8 gelas air putih sehari.

5. Air putih adalah minuman yang paling cocok untuk seorang penyanyi. Hindari minuman seperti teh atau yang manis – manis apalagi sebelum show atau konser. Minuman seperti ini dapat membuat pita suara cepat kering.

6. Cukup istirahat. Kurangi begadang. Ini akan membantu menyegarkan tubuh dan vokal kita.

7. Hindari berlama – lama di lingkungan kering seperti ruangan AC. Ruangan seperti ini membuat tenggorokan cepat kering.

8. Hindari merokok. Seperti yang kita tau rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh anda khususnya jantung dan paru – paru.

9. Hindari lingkungan berasap, seperti polusi udara di jalan, tempat – tempat yang banyak asap rokok, dsb. Ini akan sangat berpengaruh apalagi ketika vokal sedang dalam kondisi lelah.

10. Biasakan pemanasan vokal sebelum bernyanyi seperti humming, lip thrills, tongue thrills, dsb. Lakukan minimal 7 – 10 menit.

11. Hindari menyanyikan lagu di range yang terlalu tinggi. Range yang terlalu tinggi akan membuat anda memaksa vokal anda untuk menyanyikannnya atau malah mungkin membuat anda berteriak ketika menyanyikannnya.

12. Kurangi penggunaan suara beberapa jam sebelum show atau konser. Istirahatkan vokal kita, simpan untuk nanti agar bisa bernyanyi secara maksimal.

13. Jangan berteriak – teriak, kurangi tertawa terlalu keras, batuk dan berdehem terlalu kuat. Jika perlu lakukan sehalus mungkin.

14. Dengarkan tubuhmu khususnya suaramu. Jika merasa tubuhmu sudah capek, istirahatlah.

15. Santai, enjoy dan have fun dalam bernyanyi. Semakin anda rileks maka vokal yang dihasilkan ketika bernyanyi pun akan semakin ringan dan enak di dengar.

by Meutia Noerrahmi

Keywords:

  • cara merawat pita suara
  • cara menjaga pita suara
  • menjaga pita suara
  • ##############################
  • merawat pita suara
  • makanan penghalus suara
  • yang membuat suara tetep fit
  • Apa saja yang harus dihindari seorang penyayi
  • cara agar tidak cepat caoe ketika nyanyi
  • cara menjaga suara bagi penyanyi