Populasi Indonesia yang mencapai 240 juta orang dengan jumlah wanita setengah dari populasi merupakan pasar yang besar untuk busana/fashion. Wanita senang dengan model busana yang terlihat menarik dan membuat cantik ketika memakainya. Salah satu busana tersebut yaitu cardigan.

bisnis cardigan

bisnis cardigan

Sumber foto : www.mysecretcollection.com

Cardigan merupakan sweater yang terbuka di bagian depan dan memiliki variasi dengan tambahan kancing atau ritsleting. Busana ini dapat dipadupadankan dengan busana lainnya agar terlihat cantik dan menarik.

Produk busana ini saat ini banyak peminatnya dan ini merupakan suatu peluang usaha yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun utama. Simak beberapa tips ini untuk memulai usaha menjual cardigan :

Tips Usaha Cardigan

Terlebih dahulu, siapkan modal semangat dan niat yang tinggi untuk buka usaha jual cardigan. Hal ini penting agar jika ada kendala di kemudian hari maka tidak akan mudah menyerah. Setelah memiliki semangat, maka 4 tips ini patut Anda cermati agar usaha cardigan menjadi lebih menguntungkan.

1. Riset

Hal ini perlu untuk menentukan pangsa pasar yang dituju sehingga akan menghasilkan target pasar yang tepat. Selain itu, riset juga pesaingnya siapa saja dan bagaimana strategi penjualannya. Jika hal ini dilakukan dengan benar maka usaha cardigan Anda akan dapat bersaing dan dapat semakin bertumbuh.

2. Suplier

Carilah suplier cardigan yang terpercaya dan mampu memberikan produk ready stock. Cermati pula kualitas produknya apakah bagus atau jelek, jangan sampai merusak kredibiltas usaha Anda karena produk cardigan jelek.

3. Tempat Jualan

Siapkan tempat untuk berjualan produk cardigan Anda. Jika offline maka untuk skala kecil dapat menggunakan garasi rumah Anda, namun jika ingin menyewa ruko atau tempat berjualan di mall atau pasar lebih baik karena dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Anda juga dapat membuka toko secara online, bisa melalui website atau media sosial seperti facebook, twitter dan instagram.

4. Promosi

Usaha cardigan Anda wajib dipromosikan agar konsumen mengetahui produk Anda. Promosi bisa melalui plang nama toko, jasa iklan di media cetak. Jika melalui online maka Anda bisa menggunakan Adwords dan FB Ads untuk mengiklankan toko Anda. Pilihlah promosi yang menurut Anda efektif dan sesuai dengan budget Anda.

Itulah 4 tips sebelum memulai membuka usaha menjual cardigan. Dalam meningkatkan keloyalan konsumen Anda, maka harus memberikan layanan yang terbaik dalam membina hubungan konsumen dengan penjual. Selamat mencoba dan semoga berkembang usaha Anda.
Penulis : Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir