Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya banyak sekali pantai indah yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Tapi, mungkin hanya beberapa di antara kamu yang tahu kalau beberapa pantai di Indonesia tergolong unik, lho.

Ini dia beberapa wisata pantai unik dan indah di Indonesia yang perlu kamu ketahui:

1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kaca. Pantai Kaca merupakan nama yang pantas untuk pantai ini, karena Pantai Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih, jernih seperti kaca. Apabila anda melihat perahu/kapal diatas air lautnya, anda akan tertegun melihatnya karena kapal tampak seperti melayang. Dan saking beningnya, kita bisa dengan mudah melihat dasar laut di pantai ini. Selain itu pantai ini sangat cocok bagi sobat yang menyukai olahraga air seperti menyelam dan snorkeling. Ada pesona tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Sulamadaha yaitu meskipun pantainya tidak berpasir putih melainkan berpasir hitam dan berhadapan langsung dengan pulau Hiri. Pulau Hiri pada waktu dulu menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah untuk menghindari penangkapan dari Belanda. Untuk menuju pantai cantik ini, kamu setidaknya membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan dari pusat Kota Ternate.

 

2. Segara Anakan

segara anakan

segara anakan

Surga yang tersembunyi, begitulah kira-kira gambaran Pulau Sempu dan Segera Anakan. Keindahan sebuah pantai ini sangat jelas terlihat di pulau yang terletak di Kota Malang, yang lebih tepatnya Pulau Sempu, Jawa Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pasir putih yang lembut saat bersentuhan dengan kaki, jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau, membuat kita dimanjakan oleh kecantikan salah satu pantai ini. Kedamaian suasana sambil melihat permainan ombak yang tenang dan hembusan angin yang sejuk membuat kamu seperti merasa tinggal di surga. Uniknya walaupun berbatasan langsung dengan laut ombak di pantai ini sangat tenang dan memberikan suasana yang tentram. Hal ini dikarenakan dikelilinginya bukit-bukit karang yang menjulang tinggi, membuat ombak laut selatan yang ganas tidak dapat masuk ke dalam Segara Anakan. Segera Anakan, kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling. Menyelam di pulau ini serasa menikmati keindahan surga alam Indonesia di pulau pribadi.

 

3. Pantai Siung

pantai siung

pantai siung

Siapa sangka pantai cantik ini berada di Gunung Kidul, Yogyakarta? Pantai Siung adalah destinasi sempurna untuk kamu yang menyukai wisata pantai sekaligus penyuka olahraga panjat tebing, karena pantai ini dikelilingi tebing karang yang memiliki 250 jalur pemanjatan. Selain itu, pantainya sendiri masih bersih dan memiliki air laut yang biru jernih. Cocok untuk kamu yang ingin menjernihkan kembali tubuh dan pikiran yang lelah dari aktivitas sehari-hari.

 

4. Pantai Temboko Lehi

pantai temoko lehi

pantai temoko lehi

Keistimewaan pantai yang satu ini lain lagi. Karena berada di kaki Gunung Api Karangetang, sehingga terdapat sumber air panas di sepanjang garis Pantai Temboko Lehi ini. Di sela-sela pecahan ombak di bebatuan hasil erupsi, kamu dapat menikmati air yang lumayan panas. Jadi jangan berharap di pinggiran pantai ini ada ikannya. Karena ikan yang berani berenang ke tepi pantai, langsung mati karena airnya yang panas. Telur saja dapat masak. Kamu bisa mengambil posisi diantara terjalnya tebing-tebing yang seolah memagarinya dan nikmatilah air yang berwarna hijau. Dan juga ditambah dengan buaian angin laut, layangkan pandangan anda ke Pulau Makalehi di depannya. Untuk menuju Pantai Temboko Lehi, kamu bisa menggunakan transportasi kapal laut dari Pelabuhan Manado yang akan memakan waktu sekitar 4 jam ke Pelabuhan Pehe di Pualu Siau.

 

5. Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi

pantai tanjung tinggi

Kalau kamu pecinta film Indonesia pasti bisa langsung mengingat bahwa Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai yang terletak di Pulau Belitung ini memang cukup unik dibandingkan pantai lain karena di sepanjang pantainya berserakan batu-batuan granit berukuran besar. Selain disuguhi pemandangan unik dari batu-batuan raksasa, kamu juga akan menikmati pasir putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan. Pantai Tanjung Tinggi sendiri berjarak sekitar 30 kilomter dari pusat kota Tanjung Pandan, Belitung.

 

6. Pantai Tanjung Api

pantai tanjung api

pantai tanjung api

Tanjung Api merupakan sebuah tanjung yang terletak di Teluk Tomini, kawasan Cagar Alam Tanjung Api, sekitar 30 menit dari Kota Ampana, Sulawesi Tengah. Sekilas, pantai ini seperti tidak memiliki keunikan apa-apa hanya pasir pantai yang bewarna putih. Namun siapa sangka, kalau kamu menggali pasirnya hingga sedalam 10 centimeter, maka api akan menyembur dari dalam pasir. Api ini akan terus menyala sampai kita menutup pasir kembali. Selain mempunyai sumber gas alam, kawasan ini juga cocok untuk kegiatan snorkeling. Namun jangan lupa untuk membawa perlengkapannya sendiri. Begitu juga dengan bekal makanan dan minuman. Selain pasir pantai dengan sumber apinya, Tanjung Api juga dikelilingi kawasan hutan tropis yang masih lengkap dengan hewan eksotis seperti anoa, babi rusa dan berbagai macam burung.

 

7. Pantai Moli Sahatu

pantai moli sahatu

pantai moli sahatu

Pernah terbayang ada pantai yang memiliki mata air tawar? Mungkin kamu harus mengunjungi Pantai Moli Sahatu di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, terlebih dulu. Meskipun berada di pinggir laut yang asin, pantai ini punya ratusan mata air tawar. Karena itu, Pantai Moli Sahatu juga dikenal dengan nama Pantai Mata Air Seratus. Dan disebut sebagai pantai Molii Sahatu, berasal dari kata Molii dalam bahasa daerah setempat berartimata air, sedang Sahatu berarti seratus. Konon katanya penduduk setempat meyakini bahwa air tawar yang keluar dari sela sela batu dan pasir tersebut jika diminum atau diusap ke wajah berkhasiat membuat awet muda. Terletak di Desa Patuno, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi, perjalanan dari pusat Kota Wangi-wangi menuju pantai ini membutuhkan waktu kira-kira 60 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

 

Created By :
Nama : Putri Nur Amalina