Oleh: Tri Ayu Puspita Sari

kulit cantik alami dengan timun

kulit cantik alami dengan timun

Kaum wanita sangat peduli dengan kecantikan kulit, khususnya wajah. Berbagai cara dilakukan untuk memperlihatkan wajah yang sehat dan cantik. Banyak wanita yang hanya mengutamakan kecantikan tanpa memperhatikan kesehatan kulit. Salon merupakan tempat wanita untuk mempercantik diri. Kaum wanita mengeluarkan banyak uang demi kecantikan mereka. Selain salon, banyak wanita yang mempercayakan pengobatan yang diberikan dokter untuk kecantikan kulit mereka. Bahkan tidak sedikit wanita yang melakukan operasi wajah untuk mengubah bentuk wajah agar terlihat lebih cantik. Setiap wanita memiliki karakterisitik kulit wajah yang berbeda-beda. Kulit wajah yang sensitive harus diperhatikan kebutuhan nutrisinya.

Tidak perlu biaya mahal, kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Mencuci muka secara teratur juga dapat menjaga kebersihan kulit setelah melakukan aktivitas seharian. Selain mencuci muka dengan teratur, memberikan masker pada wajah juga dapat menutrisi kulit wajah kita. Makser tradisional dapat kita lakukan setelah kita selesai melakukan aktivitas. Timun, yang biasa digunakan untuk acar ternyata dapat digunakan sebagai masker perawatan wajah. Timun mempunyai banyak khasiat diantaranya mencerahkan warna kulit, menambah nutrisi kulit dan mengembalikan elastisitas. Selain itu, timun juga dapat mengangkat sel-sel mati pada wajah. Terkadang jika waktu tidur kita kurang, terdapat lingkaran hitam pada mata. Hal tersebut juga dapat diatasi dengan menggunakan masker timun. Timun memiliki efek astringent alami yang dapat digunakan untuk meringankan kulit berminyak, mengecilkan pori-pori. Seperti yang kita ketahui, kaum wanita tidak bisa jauh dengan make up. Masker timun ini juga mempunyai khasiat untuk membuat foundation nampak merata.

Hanya dengan menggunakan masker timun ini, jerawat bisa hilang dan wajah kembali bersih. Di bawah ini merupakan cara menggunakan timun untuk masker pada wajah:

 

timun untuk kulit cantik

timun untuk kulit cantik

1. Siapkan dua timun segar dan cuci hingga bersih.

2. Kemudian parut timun hingga halus.

3. Letakkan parutan timun tersebut pada wajah + 20 menit.

4. Basah wajah dengan air dingin.

5. Lalu lap wajah secara perlahan.

Khasiat dari masker timun dapat dilihat apabila dilakukan secara rutin. Bahan masker alami ini bekerja lebih lambat daripada bahan kimia. Akan tetapi, dengan menggunakan bahan alami jauh lebih aman untuk kulit daripada menggunakan bahan kimia. Masker ini dapat dilakukan 2x dalam seminggu. Masih ada banyak resep lainnya untuk memaksimalkan manfaat masker mentimun. Racikannya tergantung pada kebutuhan Anda tentunya. Oleh karena itu, dengan memahami manfaat bahan tambahan lainnya merupakan poin plus.