cici panda

cici panda

Gadget ya benda elektronik satu ini sedang marak dikalangan masyarakat baik orang dewasa,anak muda bahkan anak-anak yang dapat dikatagorikan masuk balita pun sudah ada yang bisa menggunakan dan mengoprasikan berbegai aplikasi yang tersedia didalamnya. Apakah fenomena ini juga terjadi juga pada anak anda?

Menurut Cici Panda yang dijumpai beberapa waktu lalu disebuah acara seminar yang merupakan seorang presenter sekaligus ibu muda ini mempunyai pendapat sendiri tentang penggunaan gadget pada anak . Cipan; biasa ia disapa, mengatakan bahwa anaknya yaitu Allika yang berusia 3 tahun belum ia kenalkan pada gadget namun ia sudah memberikan pengertian kepada Alika apa itu gadget, fungsinyta gadget itu diperuntukkan untuk siapa. Bukan berarti ia mengharamkan teknologi dan memblokir gadget untuk Alika tapi sejalan dengan berjalan tumbuh kembang sang anak dia akan mengetahui dan mempelajarainya sendiri karena gadget sesuatu yang menarik dan tidak bisa dipungkiri teknologi akan terus berkembang.

Menurut Cipan, belum saatnya anak dibawah 5 tahun dan diatas 5 tahun untuk menggunakan gadget sampai pada akhirnya sang anak tahu apa itu gadget. Karena sebaiknya anak itu menggunakan gadget ketika ia sudah mengenal dunia luar, dan sudah mengerti dan bisa untuk mengatur waktunya, karena gadget mempunyai daya tarik yang kuat untuk membuat seseorang menjadi ketagihan untuk memainkannya.

Namun ada kelebihan mengenalkan anak pada gadget sejak dini, salah satu manfaatnya anak bisa menguasai komputer dan gadget sejak dini, tapi dibalik pengenalan anak pada gadget ini tingkat kreatif sang anak akan berkurang untuk mengubah sesuatu dan membuat sesuatu. Cipan juga mengatakan sebaiknya anak itu diperbolehkan untuk menggunakan gadget adala ketika sang anak menginjak SMP dimana ia sudah mulai bersosialisasi dengan orang banyak dan mulai sering menggunakan internet sebagai media untuk membantunya belajar.

Gadget sangat mengubah perilaku anak-anak zaman sekarang, kebahagiaan yang harusnya bermain dengan teman-teman sebayanya sekarang malah terpaku bermain dengan gadget. Menurut seorang ibu rumah tangga yang juga memberikan anaknya kepercayaan dalam menggunakan gadget adalah fatima (38 tahun) yang mana sang anak lebih memilih untuk bermain dengan gadgetnya dari pada belajar dan les, ada penyesalan yang mana harusnya ia membatasi dalam menggunakan gadget tersebut. Menurut Fatima yang pernah berkonsultasi dengan salah satu temannya yang berprofesi sebagai psikolog anak.

Ada batasan-batasan yang harusnya diketahui oleh orang tua sebelum memperkenalkan anak dan mempercayai sang anak untuk menggunakan gadget. Ada baiknya sebelum anda memperkenalkan gadget berilah pengertian apa itu gadget, fungsi gadget dan fungsi aplikasi gadget, serta gadget itu dipergunakan oleh siapa. Agar ia tau b ahwa yang ia gunakan tidak selayaknya dipakai oleh anak seumurannya karena belum waktunya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda mempercayai anak anda untuk bermain gadet.

1) Berilah batasan waktu untuk bermain gadget,karena bila tidak dibatasi anak akan terus danberkelanjutan untuk memainkannya dan akan menyita banyak waktu yang harusnya sang anak pergunakan untuk belajar dan mengenal sesuatu hal yang baru.

2) Gadget yang diberikan kepada sang anak tidak seutuhnya sang anak yang pegang, karena ia akan memakai gadget tersebut sesuka hati dan tidak mengenal waktu.

3) Ambilah kembali gadget setelah si anak menggunakannya agar ia terbiasa ingat waktu.

4) Perkenalkan lah anak anda dengan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dan merangsang kinerja otak sang anak, sehingga anak menggunakan gadget pun tidak hanya untuk bermain tetapi juga belajar seperti menyediakan aplikasi kamus,dan juga e-book untuk belajar sambil bermain.

5) Awasilah anak anda ketika sedang bermain gadget,sehingga anda juga tau apa saja yang dimainkan sang anak sambil memberikan pengarahan dalam menggunakan aplikasi yang ada didalamnya.

Beberapa hal tadi adalah contoh hal yang dapat anda lakukan sebelum mempercayai sang anak untuk menggunakan gadget, apalagi anak anda masih dibawah umur. Karena banyak orang tua sekarang yang memilih kehidupan yang praktis, dan demi sebuah gengsi ia menelantarkan tumbuh kembang sang anak dengan memberikannya kehidupan yang mudah,  tanpa disadari itu akan membuat sang anak selalu dalam kehidupan yang mudah dan praktis. Ketahui lah bahwa tidak semua teknologi itu bagus dan berguna untuk anak jika anda sebagai orang tua tidak mengawasi dan membatasi penggunaan gadget pada anak. Anda pun akan sangat bahagia jika melihat tumbuh kembang sang dengan baik.
Penulis : Farisha Fityay Ghaisani

Sumber : Cici panda, Fatima.