pengaruh makeup terhadap kulit remaja

pengaruh makeup terhadap kulit remaja

Make up merupakan salah satu cara memodifikasi atau mengubah penampilan seseorang terutama wanita. Make up dipakai dengan berbagai alasan, termasuk untuk menunjukkan kelas sosial, status, jenis kelamin, melindungi kulit dari sinar matahari, atau membuat pemakainya terihat lebih cantik.Make up pun dipakai untuk menutupi kulit yang rusak, kerutan, bahkan noda – noda di wajah. Tetapi bagaimana bila make up di pakai pada usia dini?

Seperti dilaporkan, remaja putri Inggis mulai memakai produk make up sejak usia 11 tahun. Namun, beberapa hal yang mengejutkan adalah beberapa salon di Inggris bahkan diperuntukkan bagi anak – anak berusia 6 tahun. Dari tes laboratorium pada gadis berusia 14 – 19 tahun didapatkan hasil bahwa kulit mereka sudah terkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya.

Kulit dapat menyerap campuran bahan kimia berbahaya dari kosmetik. Bahan berbahaya ini berkaitan dengan penyakit kanker, kemandulan, dan masalah serius pada hormon. Hal paling berbahaya yaitu para remaja yang mulai menggunakan make up lebih rentan terhadap kerusakan kulit akibat bahan kimia dalam make up.

Bahan kimia tersebut diantaranya phthalates, triclosan, parabens, dan musks. Para peneliti menegaskan, semua bahan kimia diatas mempengaruhi kanker dan gangguan hormon. Ketakutan lainnya yang diakibatkan oleh pemakaian make up terus menerus adalah berhubungan depresi dan pubertas dini.

Seperti yang dikutip oleh Dr. Martha Putri Nurul SpKK , dari Erha Clinic Harapan Indah merupakan “Jika diusia muda sudah memakai make up bisa dengan mudahnya terjadinya flek, mungkin diumur normal flek dan kerutan terjadi pada umur 40 tahunan akan muncul. Tetapi, bila disaat usia muda sudah memakai make up akan rentan munculnya flek dan kerutan pada usia 30 tahunan. Flek dan kerutan bisa muncul karena paparan sinar matahari langsung. Karena kulit disaat muda sangat sensitive dan kulit sangat menyerap apa yang menempel pada kulit. Dan akan munculnya jerawat pada kulit wajah anda karena make up harus dipakai pada saat – saat tertentu saja, tidak boleh dipakai seharian dan harus rajin mencuci muka. Maka dari itu untuk anak pada usia dini lebih baik memakai sabun cuci muka dan pelembab muka yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan memakai bedak bayi atau bedak yang ringan – ringan saja. Maka kulit pada usia dini akan sehat sampai mereka sudah berusia nanti.”

Demikian pengaruh make up pada usia dini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran tambahan untuk anak cucu kita agar terhindar dari penyakit. Terima kasih.

 

 

Artikel oleh Shelly Puspa Dewi

sumber gambar: huffingtonpost

Keywords:

  • pelembab untuk anak smp
  • #############################
  • sabun cuci muka untuk anak 12 tahun
  • pelembab untuk remaja
  • bahaya makeup bagi remaja
  • bahaya dan keuntungan memakai bedak bayi bagi usia diatas 14 tahun
  • apakah bedak marcks rose baik untuk usia 12 tahun
  • apakah bedak marcks boleh digunakan untuk anak remaja
  • apakah bahaya menggunakan bedak marck dibawah umur 15 thn
  • apa manfaat bedak marcks untuk anak umur 12 th