infused water

infused water

images:casasugar.com

 

Dehidrasi. Satu kata ini yang pastinya tidak mau kita alami. Dehidrasi sendiri adalah kondisi di mana tubuh kita kekurangan cairan tubuh karena pengeluarannya lebih banyak daripada pemasukannya, dengan kata lain: kurang minum. Dehidrasi terdiri dari tiga tahap, yaitu dehidrasi ringan, sedang, dan akut.

Ketika sudah sampai di tahap akut, kita bisa ketahui dengan cara menekan salah satu bagian tubuh dengan ibu jari dan bagian yang diberikan tekanan tersebut tidak kembali seperti semula. Dalam kondisi ini, tubuh sudah sangat sulit menerima minuman yang masuk ke dalamnya. Di titik inilah kita terpaksa harus dibawa ke rumah sakit untuk diinfus dalam upaya memasukkan paksa air ke dalam tubuh. Kalau tidak, sel darah dalam pembuluh tidak akan punya transportasi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dan kondisi ini sangat memungkinkan untuk menjadi penyebab kematian. Menakutkan bukan?

Supaya terhindar dari dehidrasi, jalan satu-satunya adalah cukup minum, bahkan sebelum kita merasa haus. Seringkali teh atau soft drink menjadi pilihan utama saat dahaga melanda. Rasanya yang manis, apalagi juga dingin, segera memuaskan tenggorokan. Namun, sadar atau tidak, kandungan gula yang tinggi dalam teh dan soft drink dapat menyebabkan diabetes jika terus-menerus dikonsumsi.

Ada satu lagi pilihan minuman yang juga mudah didapat, air putih. “Dengan minum air putih yang cukup, kira-kira 8-10 gelas akan membuat kita terhindar dari dehidrasi”, seperti dikutip dari website Departemen Kesehatan RI. Air putih dapat menetralisir tubuh dan tidak akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh. Akan tetapi, banyak dari kita yang masih enggan untuk minum air putih karena rasanya yang kurang menarik dan lebih memilih teh atau soft drink sebagai pelepas dahaga.

Untuk membuat tampilan dan rasa air putih lebih menarik, ada satu cara yang cukup ampuh, yaitu dengan mencampurkan potongan buah, sayur, dan rempah ke dalamnya dan didiamkan tertutup rapat selama 4 jam dalam kulkas. Ya, infused water yang sedang nge-trend belakangan ini memberikan rasa, warna, dan aroma yang alami, juga dikenal memiliki sejuta khasiat. Selain menghilangkan dahaga, manfaat kandungan yang terdapat di dalamnya juga beragam, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatasi radang, menjaga kesehatan jantung, sampai membantu proses pembakaran lemak.

Populernya, infused water ini menggunakan kombinasi buah dan sayur, namun kreasi kali ini menggunakan sayur dan rempah. Bagi Anda yang belum tebiasa minum air putih, dapat menambahkan sedikit gula non tebu untuk mendapatkan sedikit rasa manis. Berikut beberapa ide infused water menggunakan bahan-bahan tersebut dan langkah pembuatannya:

Kayu Manis dan Jahe

1. Cuci 4 ruas jari kelingking kayu manis hingga bersih, lalu keringkan.

2. Cuci 5 ruas jari jahe hingga bersih, lalu di geprek.

3. Masukkan jahe dan kayu manis, tuang 400 ml air putih matang ke dalam wadah, tutup wadah rapat.

4. Simpan wadah tersebut dalam kulkas selama 4 jam.

5. Keluarkan wadah dari kulkas dan sisihkan potongan jahe dan kayu manisnya, jika ingin sedikit lebih manis bisa ditambahkan ½ sdt madu atau sesuai selera.

6. Infused water siap diminum.

 

• Teh Hijau dan Jahe

1. Seduh 2 kantong teh hijau dengan 440 ml air yang bersuhu 70-80°C selama 2 menit, lalu angkat kantong teh dan biarkan sampai mendingin.

2. Cuci 6 ruas jari jahe hingga bersih, lalu di geprek.

3. Masukkan jahe, ke dalam wadah berisi teh hijau ke dalam wadah, tutup wadah rapat.

4. Simpan wadah tersebut dalam kulkas selama 4 jam.

5. Keluarkan wadah dari kulkas dan sisihkan potongan jahe, jika ingin sedikit lebih manis bisa ditambahkan ½ sdt gula fruktosa cair, atau sesuai selera.

6. Infused water siap diminum.

 

• Daun Kemangi dan Kayu Manis

1. Cuci 12 kuntum daun kemangi hingga bersih, keringkan.

2. Cuci 16 ruas jari kelingking kayu manis hingga bersih, kemudian keringkan.

3. Masukkan daun kemangi dan kayu manis, tuang 400 ml air putih matang ke dalam wadah, tutup wadah rapat.

4. Simpan wadah tersebut dalam kulkas selama 4 jam.

5. Keluarkan wadah dari kulkas dan sisihkan daun kemangi dan kayu manisnya.

6. Infused water siap diminum.

 

• Jahe dan Seledri

1. Cuci 2 ruas jari jahe hingga bersih, lalu di geprek.

2. Cuci 2 tangkai seledri, keringkan dan potong-potong.

3. Masukkan jahe dan seledri ke dalam wadah, tuangkan 400 ml air putih.

4. Simpan wadah tersebut dalam kulkas selama 4 jam.

5. Keluarkan wadah dari kulkas dan sisihkan potongan jahe dan seledri jika ingin sedikit lebih manis bisa ditambahkan ½ sdt gula fruktosa cair atau gula jawa cair, atau sesuai selera.

6. Infused water siap diminum.

Selamat bereksperimen!

 

 

Oleh: Audrey Adeline

Keywords:

  • infused water sayuran