acro yoga

acro yoga

Yoga sudah dikenal sebagai salah satu olahraga untuk melatih baik fisik, mental maupun spiritual dan bertujuan untuk membentuk tubuh dan pikiran. Kali ini Yoga bertransformasi menjadi Acro Yoga, yang mana gerakan yang dihasilkan pun mirip seperti gerakan akrobatik yang indah. Acro Yoga adalah suatu latihan fisik yang memadukan unsur-unsur yoga, akrobatik, kinerja dan seni penyembuhan. Adapun aspek-aspek yang dilatih dalam Acro Yoga ini adalah fisik, mental, keseimbangan, kepercayaan dan konsentrasi. Hal lainnya yang membedakan Acro Yoga dengan Yoga lainnya adalah gotong royong karena olahraga ini dilakukan oleh dua orang, menumbuhkan rasa percaya diri dan membangun hubungan batin dengan sesama peran karena olahraga ini menuntut adanya kontak fisik. Agar dapat melakukan Acro Yoga secara benar, tentunya individu sudah harus memiliki atau menguasai gerakan dasar yoga. Karena dalam gerakan Acro Yoga lebih banyak tantangan dan penguatan.

Terdapat 3 peranan penting dalam melakukan Acro Yoga yaitu Base/dasar, individu ini berada di atas lantai (menjadi penopang/fondasi). Penopang ini menggunakan kedua kakinya ataupun tangannya untuk menopang tubuh yang ditopangnya. Kekuatan perut atau core juga dibutuhkan pada peran ini. Biasnya kaki penopang berada pada pinggul yang ditopang dan tangan pada bahu. Kedua adalah Flyer/penerbang, individu ini berada diatas penopang (yang diangkat), individu ini dapat melakukan berbagai macam pose yang dinamis, individu ini juga membutuhkan keseimbangan, kepercayaan diri dan tentunya kekuatan. Untuk menjadi Flyer tidak hanya yang berbadan kecil saja akan tetapi yang berbadan sama besarnya dengan Base dapat menjadi Flyer juga. Spotter/penjaga, individu yang memperhatikan dan memastikan gerakan baik itu Base maupun Flyer aman atau membantu menstabilkan diri Flyer diatas Base.

Untuk melakukan gerakan Acro Yoga diawali dengan gerakan yoga biasa seperti meditasi, diamond, butterfly, bird front dan back bend selama 45 menit. Setelah melakukan gerakan yoga, lalu lakukan gerakan inti Acro Yoga seperti superman, back bend variation dan back bend opening chest selama 30 menit. Banyak sekali gaya-gaya Acro Yoga yang menakjubkan dan dapat diaplikasikan, beberapa gaya Acro Yoga tersebut adalah back bird, star, birthday cake, crotch paper scissors, free prasarita twist dan head spin.

Bagi peminat yang berminat untuk memacu adrenalin, koordinasi gerakan yang lentur dan gerakan akrobat yang ekrim dapat mencoba Acro Yoga ini. Olahraga ini dapat di lakukan oleh siapapun. Selamat mencoba.

 

Artikel oleh Paramitha Meliana Manurung

sumber gambar : acroyoga.org