tips hubungan jarak jauh

tips hubungan jarak jauh

Long Distance Relationship ( LDR ) atau yang lebih sering dikenal dengan hubungan jarak jauh, adalah sebuah hubungan yang terpaut jarak antar pasangannya. Jarak tersebut bisa sejauh antar daerah, kota, negara, maupun benua.

LDR bisa terjadi karena beragam faktor, yang pertama terjadi dari awal hubungan, atau terjadi di tengah – tengah hubungan dimana salah satu pasangan memutuskan untuk pindah dengan tujuan kuliah, kerja atau memang pindah domisili. Memasuki tahun ajaran baru, biasanya jumlah LDR meningkat tetapi tidak sebanyak jumlah yang bisa mempertahankannya. Terutama bagi siswa – siswi SMA yang punya pacar dan ingin melanjutkan kuliah di luar kota atau luar negeri.

Memutuskan hubungan atau melanjutkan hubungan dengan LDR tentu saja mengakibatkan hati dan logika bercampur aduk. Dimana logika terus berusaha meyakinkan diri bahwa sang pasangan akan segera pulang sementara hati yang yang sering merasa sepi dan diracuni perasaan ingin mencari pasangan yang lain.

Berikut adalah cara – cara ampuh dalam mempertahankan LDR dengan sang pacar :

1. Kuatkan keyakinan

Dalam LDR, sangat dibutuhkan keyakinan yang kuat untuk memulainya. Kita dan pacar harus memilki sifat keras kepala bahwa memang hubungan jarak jauh ini adalah pilihan yang tepat dan sang pacar adalah orang yang tepat untuk kita tunggu. Tanpa keyakinan yang kuat, hubungan kita akan gampang terbawa arus.

2. Hindari Persepsi Negatif

Jangan biarkan fikiran – fikiran negatif mempengaruhi kita dalam berpersepsi. Biasanya, saat hubungan dibatasi dengan jarak, kita jadi lebih mudah berpersepi negatif. Terutama kalau sang pacar sedang jalan bersama teman – temannya yang berbeda jenis atau ketika dia telat ngabarin. Kita condong berpersepsi yang bukan – bukan padahal belum tentu benar.

3. Kepercayaan

Hubungan yang baik adalah hubungan yang kental dengan kepercayaan. Setiap pasangan akan mengalami masa-masa sulit. Mempercayai pasangan bukanlah hal yang salah, karena dengan percaya hati kita akan lebih tenang dan tidak membuat kita gampang terhasut dengan berita – berita negatif tentang sang pacar. Bukan berarti kita harus sepenuhnya percaya pada alasan-alasan pasangan begitu saja. Kepercayaan juga harus di selangi dengan logika.

4. Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah hal yang sering kita anggap sepele yang dapat mengakibatkan kesalahpahaman. Tanpa komunikasi kita tidak akan bisa mempertahankan hubungan kita. Manfaatkanlah berbagai jejaring sosial yang memudahkan kita untuk berhubungan dan berkomunikasi.Beragam aplikasii yang menawarkan kemudahan chatting, telefon gratis bahkan video call sudah semakin bervariasi tinggal tergantung kepada cara kita memanfaatkannya saja.

5. Tunjukkan rasa sayang

Dalam LDR kita harus lebih banyak menunjukkan rasa sayang kepada sang pacar. Misalnya bilang “ I Love You “, menanyakan bagaimana hari sang pacar dan menyemangati mereka ketika mereka mau melakukan sesuatu seperti ujian atau presentasi. Hal itu sudah cukup membuat sang pacar ingat kalau kita sayang kepada mereka dan menyadarkan mereka bahwa mereka tidak sendiri dalam menjalani hari – hari.

6. Jangan sepele terhadap hal – hal kecil

Saat LDR, hal – hal kecil bisa menjadi besar dan sangat mempengaruhi hubungan. Ketika kita sedang melakukan sesuatu, kirimkanlah foto kita kepada pasangan, misalnya ketika kita sedang jalan bersama teman dan lain – lain. Hal ini dapat membuat pasangan merasa kenal dengan teman – teman baru kita dan meyakinkan mereka kalau kita tidak berbuat yang macam – macam. Selain itu, akan lebih baik jika kita sering bercerita tentang hari – hari kita dan kejadian yang terjadi di hidup kita, sehingga sang pacar tidak kehilangan gambaran akan kehidupan kita meskipun dia tidak dapat meilhat langsung.

7. Kirim bingkisan kepada sang pacar

Ketika sang pacar ulang tahun, walaupun kita tidak bisa merayakan bersama mereka secara langsung, kita dapat membuat mereka senang dengan mengirimkan bingkisan / kado. Selain itu bingkisan juga dapat dikirimkan tidak dalam waktu ulang tahun saja, misalnya ketika kita melihat sesuatu di toko yang dapat membuat sang pacar senang, tidak ada salahnya jika kita membelinya dan mengirimkannya. Tidak perlu mahal. Sang pacar akan melihat sisi usaha anda.

8. Belajar sabar

Sabar memang bukanlah yang yang mudah dipelajari, tidak ada teori menyangkut kesabaran. Dalam LDR kita membutuhkan sejuta kesabaran. Apalagi dalam LDR kita dan pasangan akan lebih sulit bertemu, intensitas pertemuan akan menjadi sangat jarang. Disinilah kesabaran sangat dibutuhkan.

9. Jangan Pernah Merasa Bersalah

Hal ini mungkin sering terjadi kepada pihak yang pindah keluar kota atau keluar negeri. Seringkali anda merasa jahat, terutama ketika sang pacar sedang berada dalam kondisi yang membutuhkan anda, anda condong menyalahlan diri anda karena tidak bisa hadir disampingnya untuk sekedar memberikan semangat. Jangan pernah merasa bersalah, Fokuslah kepada cita – cita yang sedang anda jalani sekarang dan anda akan berusaha semampu anda untuk menjaga hubungan anda dengan sang pacar yang ditinggalkan.

10. Jangan Pernah Merasa Sendiri

Melihat pasangan lain yang bisa malam mingguan bersama memang mungkin membuat kita merasa sendiri. Jangan terhanyut akan perasaan itu, dan manfaatkanlah waktu kesendirian anda dengan bersosialisasi, melakukan hobi – hobi anda dan mencoba hal – hal baru.

Artikel Oleh : Enozva Dwi Razuary

Keywords:

  • cara membuat pacar makin sayang dalam hubungan jarak jauh
  • cara supaya pacar makin sayang walau jarak jauh
  • cara membuat pacar bahagia jarak jauh
  • cara menjaga hubungan jarak jauh
  • cara membuat pacar nyaman saat ldr
  • cara agar disayang pacar jarak jauh
  • cara menjaga hubungan LDR
  • cara mempertahankan hubungan jarak jauh
  • cara meyakinkan pasangan
  • tips menjaga hubungan jarak jauh