pentingnya lampu rem mobil

Lampu rem terletak dibagian belakang mobil dan kegunaannya sangatlah penting dan sangat vital, karena apabila tidak berfungsi dapat membahayakan pengendara lain. Kondisi lampu rem harus dicek secara rutin.

Lampu pada mobil beragam yaitu lampu utama atau headlamp, lampu sein, lampu kabin dan lampu rem. Disini kita akan membahas lebih dalam mengenai lampu rem.

Banyak kecelakaan dijalan raya karena penggunaan lampu rem kurang maksimal. Terlebih pada saat hujan atau berkabut, jika lampu rem tidak berfungsi, bisa mengakibatkan kecelakaan ketika rem mendadak. Maka pengendara dibelakang bisa saja menabrak pengendara didepannya.

Fungsi lampu rem mobil yaitu memberikan indikasi peringatan bagi pengendara dibelakang saat anda melakukan pengereman pada mobil anda.

Standarnya warna lampu rem adalah merah terang. Mengapa? Lampu merah terang agar dapat dilihat dengan jelas dari kejauhan, pada saat siang atau malam, hujan atau berkabut.

Teorinya, mata manusia normal dapat menangkap spektrum warna antara 400 hingga 700nm, namun ada beberapa yang dapat menangkap 380 hingga 780nm. Semakin besar spektrum warna, maka semakin mudah untuk ditangkap oleh mata dari kejauhan. Warna merah sendiri memiliki spektrum warna 620 hingga 750nm. Sehingga warna merah terang ini dijadikan sebagai warna standar pada lampu rem.

Lampu rem mobil merupakan komponen vital bagi mobil untuk menunjang keamanan dalam berkendara. Bisa dibayangkan apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan tidak memiliki fungsi lampu rem yang maksimal lalu mengerem mendadak, maka bisa jadi kendaraan yang sedang melaju dibelakang anda tidak sempat menghindar sehingga terjadi kecelakaan.

Penulis : Annita
Sumber Foto : Google

Keywords:

  • fungsi lampu rem
  • pengertian lampu rem
  • tuliskan fungsi lampu send pada mobil