Siapa yang tidak menyukai dongeng?

Bagi anak-anak terutama anak perempuan kebanyakan memiliki impian untuk menjadi Princess. Gaun yang indah, wajah yang cantik, hati yang lembut dan tentunya pangeran tampan selalu menghiasi dongeng-dongeng pengantar tidur ini. Bahkan tak jarang masih banyak remaja perempuan hingga wanita dewasa yang tetap setia menggemari cerita dengan akhir “Bahagia Selama-lamanya”. Namun siapa sangka bahwa dongeng yang indah ini aslinya adalah cerita yang mengerikan atau Urban Legend yang diubah sedikit mengenai jalan ceritanya?

1. Cinderella

Pemilik panggilan “Upik Abu” ini memiliki versi asli yang sedikit menyimpang dari versi yang tersebar luas di masyarakat.. Di cerita aslinya, Cinderella senantiasa disiksa ibu tiri dan kedua saudari tirinya. Saat sang pangeran mencari-cari gadis yang ukuran kakinya cocok dengan sepatu emas (bukan sepatu kaca) yang ditinggalkan Cinderella, Ibu Tiri Cinderella berusaha sangat keras agar putrinya terpilih sebagai pemilik sepatu emas tersebut. Demi ingin memiliki kaki yang cocok dengan sepatu emas Cinderella, saudara tiri Cinderella yang satu, memotong jari-jarinya, dan satunya lagi memotong tumitnya. Seperti di dongeng, Cinderella berteman dengan binatang-binatang dan di antara binatang itu ada burung. Setelah menikah dengan pangeran dan hidup di istana, burung-burung ini mematuk keluar mata kedua kakak perempuan Cinderella. Saudara tiri Cinderella akhirnya menjadi pengemis buta dan Cinderella hidup penuh kemewahan berlawanan dengan kakak perempuannya. Kisah lain sesudah kisah ini mengatakan bahwa Cinderella melaporkan penganiayaan ibunya ke pemerintah dan pemerintah menyuruh Cinderella membunuh ibunya. Hal ini-pun dilakukan oleh Cinderella.

2. The Little Mermaid

Tahukah kamu bahwa kisah si Putri Duyung itu tidaklah seindah cerita yang tersebar luas? Dalam versi aslinya, Si Putri Duyung selama menjadi manusia, dia dibekali dengan pisau yang terselip rapi di balik rambutnya yang panjang dan tebal. Tujuannya sederhana, adalah jika ada orang yang mencurigai keberadaannya sebagai Putri Duyung, maka Ariel si Putri Duyung ini pun harus membunuh orang itu. Hal ini bertujuan untuk melindungi jati dirinya, serta keselamatan kerajaan Neptunus dan spesies Mermaid di laut agar tidak menjadi buruan manusia. Dalam versi aslinya, kisah cinta Ariel berakhir tragis, dikarenakan sang pangeran meninggalkannya untuk menikah dengan gadis lain. Hal ini membuat Ariel patah hati dan akhirnya memutuskan untuk membunuh dirinya sendiri dengan pisau yang dibawanya. Dari sinilah muncul istilah “Mermaid Tears” (Air mata Putri Duyung). Hewan Sirenia atau dikenal juga dengan sebutan “Sapi Laut / Sea Cows” disebut pula dengan nama Putri Duyung karena memiliki morfologi tubuh yang mirip dengan gambaran Putri Duyung. Hewan laut ini sering terlihat mengeluarkan air mata.

3. Snow White

Dalam versi yang anda ketahui, diceritakan bahwa Ratu yang iri terhadap kecantikan Putri salju meminta bawahannya untuk menghabisi Putri Salju. Dan sebagai bukti kalau Putri Salju telah terbunuh, sang bawahan harus membawa jantung Putri Salju. Saat melepaskan Putri Salju, Bawahan Ratu membawa jantung rusa itu ke hadapan Ratu dan mengakui jantung itu milik Putri Salju. Sang Ratu lalu memakan jantung Putri Salju dan berharap kecantikan Putri Salju berpindah padanya.Di akhir cerita, dikisahkan bahwa Putri Salju yang tewas setelah makan apel beracun, hidup lagi berkat ciuman seorang Pangeran. Sedikit berbeda dengan kisah aslinya, dalam perjalanan sang pangeran membawa tubuh Putri Salju ke istananya, kuda yang membawa tubuh Putri Salju tersandung sehingga apel beracun yang menyangkut di kerongkongan Putri Salju terlempar keluar dan ia-pun bangun kembali. Setelah Putri Salju dibawa ke istana, ia menceritakan kisah sedih yang menimpa dirinya, lalu sang Ratu dihukum. Namun berbeda dengan versi yang tersebar luas, hukuman untuk Sang Ratu sangatlah kejam. Kakinya dipasung dengan sepatu besi yang dipanaskan lalu si Ratu dipaksa menari sampai mati di hadapan Putri Salju.

Setelah mengetahui versi asli dongeng di atas, masihkah anda memimpikannya menjadi nyata?

disney-princess

disney princess

 

Artikel oleh Isabella Nastiti

Keywords:

  • dongeng pengantar tidur dewasa
  • cerita dewasa
  • cerita pengantar tidur remaja
  • cerita dewasa pengantar tidur
  • Cerita dewasa disney
  • dongeng dewasa
  • cerita asli cinderella
  • cerita pengantar tidur dewasa
  • Cerita Little mermaid
  • cerita asli disney