By: Rindiantika Surya Millard

Tertawa itu sehat. Atau kalau dalam bahasa Inggris: “Laughter is the best medicine.” Pepatah tersebut mungkin pernah Anda dengar tanpa pernah Anda benar-benar pikirkan artinya. Lagipula, memangnya ada bukti ilmiah kalau tertawa itu menyehatkan? Ternyata ada!

Penelitian di Oxford University pada 2011 menemukan bahwa tawa meningkatkan ambang rasa sakit Anda. Penelitian lain di University of Arizona menemukan bahwa tawa meningkatkan kesehatan jantung, sedangkan penelitian di University of Maryland menunjukkan bahwa aliran darah meningkat sebesar 22% ketika Anda sedang tertawa.beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tertawa adalah:

Menjaga Suasana Hati Positif

Tawa melepaskan endorfin dalam otak, sehingga suasana hati positif terjaga. Akibatnya, Anda justru akan tertawa lebih banyak. Membuat Anda Merasa Lebih Santai Tawa membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan otak, sehingga Anda merasa lebih rileks dan berenergi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tawa membantu mengatasi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda jadi lebih tak mudah sakit. Anda pun lebih cepat sembuh bila sedang sakit.

Menjaga Cara Pandang Positif

Tawa membantu membentuk cara pandang positif dan sikap optimis, bahkan saat Anda menghadapi suatu masalah pelik.

Tertawa identik dengan olahraga

Tertawa selama satu menit diyakini efeknya sama dengan kita mengayuh sepeda selama 10 menit. Tertawa seratus kali efeknya setara dengan kita melakukan jogging selama sepuluh menit. Tertawa terbahak-bahak selama 20 detik setara dengan kita melakukan jogging  selama 3 menit, jadi tidak salah kalau dikatakan bahwa tertawa adalah suplemen terbaik untuk memperpanjang umur dan tetap awet muda.

keajaiban tertawa

keajaiban tertawa

Keywords:

  • gambar tertawa
  • gambar smile ketawa no copyright