Jerawat? Ya, itu lah masalah kulit yang tentunya sudah tak asing lagi bagi para perempuan dan laki-laki. Sering kali membuat kita tidak percaya diri dalam berpenampilan. Bagi kebanyakan orang, jerawat dimulai pada saat remaja. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon membuat kulit lebih berminyak setelah masa pubertas dimulai. Jerawat juga bisa muncul karena keturunan. Jika salah satu orang tua telah memiliki jerawat yang cukup parah, anda lebih mungkin untuk memilikinya.

Menurut penelitian dari Brown University di Amerika Serikat, penyebab jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, terutama, peningkatan hormon yang disebut androgen, yang dimilki oleh perempuan maupun laki-laki. Peningkatan androgen menyebabkan kelenjar minyak anda untuk memperbesar dan menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak ini juga dapat berubah menjadi zat putih tebal yang disebut sebum. Sebuah produksi minyak yang meningkat akan menyumbat pori-pori anda dengan minyak dan sebum yang dapat merusak dinding sel dalam pori-pori anda, yang lalu akan menyebabkan bakteri untuk tumbuh dan jerawat untuk berkembang. Remaja adalah yang paling dipengaruhi oleh jerawat, tapi jerawat juga dapat menyerang orang dewasa antara usia 20 sampai 40. Setelah usia 40, jerawat dapat mengurangi karena rendahnya tingkat hormon.

Semua orang, khususnya para perempuan tentu mendambakan kulit yang mulus dan bersih tanpa jerawat. Keberadaan jerawat memang menjengkelkan, terlebih lagi jika jerawat yang timbul susah untuk dihilangkan. Meski begitu, banyak cara yang ternyata bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara efektif, salah satunya adalah dengan menggunakan madu.

Madu merupakan agen anti bakteri alami terdiri dari gula dan air. Menurut penelitian University of Waikato di Selandia Baru, molekul gula dan air mengikat satu sama lain dengan erat dan beberapa molekul air yang tersisa yang mengikat dengan bakteri di dekatnya, menghambat pertumbuhan mereka. Madu juga memiliki pH rendah. University of Waikato menyebutkan bahwa sebagian besar formulasi jatuh antara 3,2 dan 4,5 , jauh terlalu rendah untuk spesies bakteri seperti E. coli, Salmonella dan Streptococcus.

madu untuk obat jerawat

madu untuk obat jerawat

Sumber : Google

Karena salah satu penyebab jerawat adalah pertumbuhan berlebih dari bakteri, banyak solusi termasuk madu untuk memadatkan pertumbuhan kembali ke tingkat normal. Madu juga berguna dalam pengobatan jerawat karena memberikan nutrisi dan kelembaban yang alami pada kulit.

Berikut adalah langkah – langkah untuk membersihkan jerawat dengan madu :

1. Cuci muka anda dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu maupun kotoran di permukaan kulit wajah anda. Hal ini juga dilakukan untuk membuka pori – pori agar kotoran dapat keluar dengan lebih mudah.

2. Setelah mencuci muka dengan air hangat, gunakan kapas atau tissue yang halus untuk membersihkan sisa air pada wajah anda. Kenapa bukan handuk? Terkadang kebersihan handuk tidak terjaga. Jadi sebaiknya gunakan kapas atau tissue saja.

3. Oleskan madu ke wajah anda secara merata. Cukup sedikit, tapi merata, jangan terlalu banyak menggunakan madu tersebut.

4. Tunggu sekitar 5 menit, oleskan lagi untuk kedua kalinya secara rata.

5. Biarkan sejenak sampai madu tersebut mulai mengering, kadang memerlukan waktu 15 –      30 menit.

6. Setelah madu terasa mengering, bersihkan wajah anda dengan sabun wajah.

7. Lakukan hal di atas 2 – 3 kali dalam seminggu. Jika anda konsisten, maka jerawat akan mulai menghilang dan kulit anda akan terlihat lebih menarik. Setelah jerawat hilang, anda juga harus dituntut untuk membersihkan wajah setiap hari, sebelum dan sesudah beraktivitas. Hal ini dilakukan agar kemungkinan jerawat tumbuh lagi semakin mengecil, sebab jerawat sulit ditanggulangi jika wajah berminyak dan tidak bersih. Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang sekiranya mengandung bahan alami.

Nah, demikian lah tips praktis untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu. Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera lah untuk mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat..

 

Oleh : Rahma Rana Adita