ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif merupakan air susu murni yang diberikan kepada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan tanpa tambahan makanan dan minuman pendamping lainnya. ASI Eksklusif memberikan banyak manfaat kepada bayi seperti memberikan antibody, membantu perkembangan rahang dan merangsang pertumbuhan gigi karena gerakan mengisap mulut bayi pada payudara Ibu, membantu bayi terhindar dari alergi, meningkatkan kecerdasan bayi dan memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi serta adanya ikatan antara Ibu dan bayi dan masih banyak lagi manfaat ASI Eksklusif pada bayi.

Bagi para Ibu yang bekerja, mereka tidak perlu mengkhawatirkan pemberian ASI Eksklusif kepada bayi mereka. Karena setelah cuti melahirkan para Ibu melanjutkan pemberian ASI Eksklusif dengan pemberian ASI Perah (ASIP). ASIP diberikan kepada bayi ketika bayi tidak bersama dengan Ibunya. Terdapat 2 cara memerah ASI yaitu dengan jari atau dengan pompa ASI. Setelah ASI diperah, ASI disimpan di lemari pendingin/kulkas. Semakin dingin suhu tempat penyimpanan, maka semakin lama juga ASIP dapat disimpan.

ASIP dapat bertahan selama 24 jam dalam suhu ruang 15 derajat Celcius, sedangkan untuk suhu ruang 19-22 derajat Celcius ASIP dapat bertahan selama 10 jam. Suhu ruang 25 derajat Celcius ASIP hanya bertahan selama empat hingga delapan jam. Jika ASIP disimpan di lemari pendingin/kulkas dengan suhu 0-4 derajat, ASIP akan bertahan selama tiga hingga delapan hari dan masih aman dikonsumsi. Sedangkan untuk penyimpanan di freezer, ASIP dapat bertahan lebih lama hingga empat bulan. Jangan lupa untuk memberikan tanggal pada botol sebelum ASIP dibekukan/dimasukkan kedalam lemari pendingin/kulkas.

stok ASI perah

stok ASI perah

ASIP hanya diperbolehkan menjalani satu kali pembekuan, satu kali pencairan dan satu kali penghangatan. Jika ASIP sudah dicairkan, ASIP tidak boleh dibekukan kembali. ASIP dapat disimpan didalam botol kaca atau wadah plastik. Cara memberikan ASIP kepada bayi yaitu dengan menghangatkan ASIP yang telah dibekukan. Lalu setelah ASIP mencair, ASIP dapat langsung diberikan kepada bayi melalui botol susu/dot. Sebaiknya diberikan melalui gelas atau sendok.

Dengan memberikan ASIP, para ibu yang bekerja setiap hari tidak perlu khawatir bayi mereka akan kekurangan asupan ASI Eksklusif. Karena dengan ASIPlah bayi mereka akan selalu terpenuhi kebutuhan ASI Eksklusifnya.

 

Dita Pramitasari