Tulisan ini berdasarkan pengalaman ibu saya Barlianti Mutiara, seorang ibu rumah tangga yang sempat mengalami penyakit batu empedu. “sakitnya dari perut sampe punggung” katanya. Saya dan ayah saya langsung membawanya ke UGD, Rs. St. Elizabeth di Bekasi. Saat itu memang sudah larut malam, hanya ada dokter umum yang jaga. Ibu saya di periksa, perutnya memang sedikit membengkak. Awalnya dokter memberikan obat untuk lambung. “Apabila obat ini tidak bekerja dalam waktu dua hari dan sakit masih terasa, saya menyarankan ibu untuk melakukan USG” Kata dokter tersebut. Setelah kembali ke rumah dan minum obat, ibu saya masih merasakan sakit yang sama. Kemudian 2 hari setelahnya kami membawanya kembali ke rumah sakit untuk melakukan USG. Setelah hasil USG keluar, terlihatlah ada banyak batu yang sudah menempel di empedunya. Batu tersebut bervariasi, ada yang besar dan ada yang kecil.

batu empedu

batu empedu

Batu-batu itu disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti makan gorengan, minum soda, makanan berlemak dan makanan tidak sehat lainnya. Memang dalam kantung empedu manusia semua mengandung batu empedu, perbedaannya hanya dalam ukuran dan jumlahnya saja. Kemudian kami memutuskan untuk mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam. Dokter menyarankan ibu untuk di rawat karena kondisinya semakin melemah, dan juga menyarankan ibu untuk operasi empedu yang mengharuskan empedunya diangkat. Ibu berada di rumah sakit selama 4 hari. Selama itu ibu diberi berbagai vitamin dan obat tetapi ibu menolak untuk melakukan operasi. Setelah kembali ke rumah, ibu mendapatkan beberapa tips dari teman-temannya untuk melakukan terapi apel.

  1. Selama 5 hari berturut-turut konsumsi buah apel sebanyak 4-5 buah. Boleh di makan biasa ataupun di jus sesuai selera. Jenis apel boleh apa saja. Apel ini akan membantu melunakkan batu empedu.
  2. Hari ke-6 jangan makan apel lagi. Tetapi maksimal jam 5 sore sudah tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun. Kemudian jam 6 sore minumlah garam inggris (magnesium sulfat) 1 sendok teh dicampur air hangat 1 gelas.
  3. Dilanjutkan jam 8 malam mengulangi hal yang sama seperti pada jam 6 sore. Garam inggris tersebut akan membantu membuka pembuluh-pembuluh kantung empedu.
  4. Terakhir, jam 10 malam lanjutkan dengan meminum setengah gelas minyak zaitun (olive oil) dan setengah gelas perasan lemon. Minyak zaitun akan membantu melumasi batu empedu agar mudah keluar.
  5. Hari ke-7 batu empedu akan keluar bersamaan dengan buang air besar di pagi hari. Batu empedu akan terlihat mengambang dan berwarna kehijauan.

Setelah ibu melakukan tips ini, memang benar di hari ke-7 saat buang air besar jam 5 pagi batu empedunya ikut keluar. Kemudian ibu kembali ke rumah sakit untuk melakukan USG untuk memastikan apakah batu tersebut sudah benar-benar keluar. Hasil USG menyatakan bahwa batu yang terdapat di empedu ibu sudah tinggal sedikit. Dokter menyarankan agar melakukan terapi tersebut kembali. Ibu melakukan terapi apel ini lagi untuk kedua kalinya. Hasilnya sekarang ibu sudah sehat dan tidak ada keluhan di bagian perutnya lagi.

 

Artikel oleh Pricilya Chairunisa

Keywords:

  • Terapi apel
  • obat batu empedu dengan apel
  • pengobatan batu empedu dengan apel
  • terapi apel untuk batu empedu
  • terapi apel batu empedu
  • obat tradisional batu empedu dengan racikan apel
  • terapi batu empedu
  • terapi buah apel
  • batu empedu apel
  • jus apel yg di maksud buat menghancurkan batu empedu itu apel apa