penampilan

penampilan

Dalam aktivitas sehari-hari para pengusaha maupun karyawan tak lepas berkomunikasi dengan klien maupun atasannya. Dimana dalam berinteraksi dengan lawan bicara kita harus mempertahankan reputasi serta kredibilitas perusahaan maupun diri sendiri. Kredibilitas adalah kualitas , kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Salah satu faktor yang menunjang kredibilitas adalah penampilan. Penampilan menjadi first impression dalam berinteraksi langsung dengan lawan bicara kita, namun tanpa disadari sering sekali para pengusaha maupun karyawan tidak siap atau bahakan tidak mahir dalam berpenampilan. Dimana dalam aktivitas perkantoran atau bisnis para pengusaha dan karyawan dituntut untuk berpenampilan rapih dan menarik yang jika tidak dilakukan akan menjadi bumerang berupa judgement yang sangat merugikan kita dan bahkan kredibilitas serta reputasi diri maupun organisasi atau perusahaan di mana kita bekerja menjadi tidak baik dimata atasan maupun klien.

Menurut Lukman Abadi owner LOOK by Lukman Abadi beropini bahwa pada jaman globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini penampilan menjadi sangat penting dalam dunia bisnis karena sangat menunjang kredibilitas diri dan perusahaan. “Penampilan menjadi senjata pertama” imbuhnya. Berikut adalah panduan untuk berpenampilan rapih dan menarik yang diberikan oleh Lukman Abadi :

Laki-laki 

  • Rambut rapih

Pastikan rambut Anda menggunkan gel atau wax ( klimis ).

  • Harus terlihat fresh

Pastikan wajah Anda terlihat fresh atau segas dan tidak terliahat kucel atau dekil.

  • Mengenakan suit & tie ( celana bahan, kemeja, dasi, dan sepatu pantofel )

Perhatikan detai pakaian yang Anda kenakan. Pastikan menggunakan suit & tie dan pastikan terlihat profesional.

 

Perempuan 

  • Rambut rapih dengan dijepit atau dikuncir

Pastikan rabut ada dikuncir atau dijepit agar tidak berantakan.

  • Jangan menggunakan pakaian terlalu sexy.

Perhatikan pakaian yang Anda kenakan, jangan menggunakan pakaian terlalu sexy yang mengundang mata, dan pastikan terlihat profesional.

  • Menggunakan stocking

Pastikan Anda menggunakan stocking agar kaki Anda terlihat mulus.

  • Menggunakan make-up

Perhatikan make up yang Anda kenakan jangan terlalu berlebihan dan pastikan terlihat profesional.

  • Menggunakan aksesoris seperlunya

Pastikan Anda tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan.

  • Menggunakan high heels minimal 3 cm

Pastiahan anada terlihat jenjang dan profesional dengan menggunakan heels minimal 3 cm.

Intinya penampilan menjadi sangat penting pada masa sekarang karena untuk menunjang kredibilitas karyawan maupun pengusaha. Terlebih bagi karyawan dan para pengusa yang memiliki aktifitas berlebih yang berkaitan dengan interaksi langsung dengan atasan ataupun kliennya yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas.

 

Artikel oleh Imanuel Dolef