Hampir semua orang pasti memiliki hobi yang bermacam-macam. Hobi merupakan kegiatan rutin atau kepentingan yang dilakukan oleh seseorang untuk kesenangan, biasanya dilakukan selama waktu luang seseorang. Tahukah anda bahwa hobi tidak hanya menyenangkan dan mengisi waktu luang? Hobi ternyata juga dapat dijadikan peluang bisnis.

hobimu peluang bisnismu

hobimu peluang bisnismu

Seperti yang dialami oleh Azka hafiyyan(20) mahasiswa di sebuah universitas Al-Azhar Indonesia ini memiliki hobi memodifikasi motor. Sudah 5 tahun lamanya Azka memiliki hobi memodifikasi motor, karena hobi berkelasnya tersebut Azka tidak jarang menghabiskan banyak waktu dan banyak uang untuk merubah motor seperti yang ia inginkan. Ia pun akhirnya melirik peluang bisinis dari hobinya tersebut, bermodal dari pengetahuan-nya selama 5 tahun tersebut ia berpikir untuk membuka usaha bengkel sendiri bersama temannya yang juga memiliki hobi yang sama. Awalnya bengkel yang ia dan temannya ciptakan ini hanya untuk menyalurkan hobinya tersebut saja tetapi diluar dugaan bengkelnya tersebut menjadi memiliki banyak customer.

Bengkel yang ia ciptakan tersebut masuk kedalam kelas bengkel modifikasi, bengkel modifikasi yang diberi nama “FatDaddy” yang beralamat di Ruko Kemang Pratama blok mm 37, Bekasi Selatan ini menerima segala macam jenis motor untuk dimodifikasi mulai dari jenis motor matic maupun motor non-matic. Untuk jenis motor matic biasanya customer meminta untuk aliran big wheels atau yang biasa dikenal dengan lowrider. Aliran tersebut ialah mengubah besar ban dari motor standard menjadi motor dengan ban tapak lebar, ubahan tersebut biasanya diikuti dengan ubahan velg dan biasanya juga dengan stang dan knalpot. Untuk jenis motor non-matic biasanya customer meminta model japs style, café race, broadtrack dan chopper. Ubahan tersebut biasanya diikuti dengan ubahan pada rangka sesuai dengan keingingan customer.

Ada beberapa tahap pelayanan yang dilakukan oleh bengkel modifikasi ini kepada sang customer. Pertama, menanyakan keinginan customer untuk memilih model apa yang diinginkan lalu disesuaikan juga dengan jenis motor tersebut. Setelah customer memilih model apa yang dinginkan maka akan dibuatkan sketch sesuai dengan keinginan customer. Jika customer merasa pas dengan sketch tersebut maka akan disesuaikan dengan budget customer. Budget juga disesuaikan dengan jenis motor yang ingin dimodifikasi. Untuk jenis motor matic mulai dari 5juta hingga 10juta dan untuk jenis motor non-matic mulai dari 5juta hingga 25juta. Tarif tersebut juga disesuaikan dengan barang-barang yang dipakai. Apabila customer hanya ingin mengecat kendaraannya saja maka akan dikenakan tarif mulai dari 1,5juta hingga 5juta.

Dan keuntungan yang didapatkan dari bengkel modifikasi ini mencapai 15juta. Menarik bukan? Maka liriklah peluang bisnis dari hobi yang anda jalani. Apabila kita menjalani sesuatu berdasarkan dengan kecintaan maka semua akan berjalan dengan senang hati.

 

Artikel oleh Rizky Amalia Ramadhan