medsos sebagai media ekspresi diri

medsos sebagai sarana ekspresi diri

images copyright by diluhur.com
Seperti yang kita ketahui bahwa sosial media telah menggemparkan dunia belakangan ini. Tidak hanya anak muda yang aktif di dunia maya melainkan anak kecil hingga orangtua pun telah masuk ke dunia internet. Selain menambah koneksi dan teman,sosial media juga menjadi sarana ekspresi diri dalam bersosialisasi. Menjadi hal yang aneh bila sehari saja tidak meng-
update sesuatu hal di sosial media.

Pengalaman pertama saya ketika membuat account sosial media yang sangat eksis pada saat itu yaitu FRIENDSTER. Awalnya waktu itu banyak teman-teman di sekolah saya menanyakan hal yang sama satu dengan yang lain seperti “eh,kamu sudah add saya belum di friendster?  Jangan lupa isi testimonial saya juga ya.” Hampir setiap minggu kalimat itu selalu saya dengar dari teman-teman sekelas sampai akhirnya saya jadi penasaran untuk mengetahui nya lebih lanjut.

Setiap hari saya membuka friendster dan mengedit profile dengan ornamen tema yang sangat lucu. Setiap hari juga saya meminta teman, kerabat dan saudara untuk mengisi testimonial yang positif dan negatif. Keasyikan main friendster hingga membuat saya tak pernah lepas dari komputer.  Sampai akhirnya facebook, path, instagram, tumblr, youtube dan twitter telah hadir memarakkan dunia maya lagi setelah friendster. Sebelum pergi sekolah, waktu istirahat, jam kosong, sepulang sekolah hingga malam hari sosial media terus menempel dalam genggaman saya.

Sosial Media seringkali menjadi identitas diri setiap orang, seperti apa respon orang itu bergantung dari apa yang mereka post di social media. Lewat tulisan atau gambar sekalipun dapat membuktikan apa yang sedang di lakukan orang saat itu bahkan hanya sekedar mengetahui keadaan ter-update dari mereka. Ekspresi diri menjadi cara setiap orang untuk memberitahu keadaan yang sebenarnya. Sekedar meluapkan uneg-uneg atau bahkan mencari informasi saja bisa dilakukan di dalam sosial media.

Ekspresi diri tidak hanya soal karakter,sikap dan kepribadian tapi mengenai bakat atau talenta yang kita miliki. Sosial media dapat menjadi ajang pencarian bakat, menggali potensi yang terpendam bahkan dijadikan ajang promosi bisnis. Semua akan menjadi baik ketika semua orang mengetahui apa keuntungan dari yang dilakukan. Ketika sosial media menjadi sarana ekspresi diri ke hal yang positif itu akan membangun dampak yang baik bagi seluruh pengguna sosial media. Pergunakanlah media dengan sebaik-baiknya untuk mengekspresikan diri ke hal yang bermanfaat dan positif.  Happy Everyday!

Written by : Jeanette

Facebook : Ester Jeanette

Twitter : @yenyenbol