Seperti tahun-tahun sebelumnya, remaja-remaja di Indonesia yang sudah lulus SMA ataupun yang sudah lulus namun belum melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau yang biasa disebut dengan kuliah.

Kuliah dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah “pelajaran yang diberikan” atau “ceramah”. Namun pada umumnya kata “kuliah” dikaitkan dengan perguruan tinggi atau pendidikan tinggi yang sering diartikan sebagai proses belajar atau proses pembelajaran.

stres tugas kuliah

stres tugas kuliah

Picture Source by Google

 

Ribut-ribut mencari tempat kuliah, sibuk mengikuti SNMPTN yang dengan harapan atau mengikuti gengsi bisa diterima di Universitas favorite di Indonesia. Setalah masuk perguruan tinggi, mendapatkan gelar mahasiswa/I di kampus, menjalankan rutinitas sebagai mahasiswa/I mengikuti mata kuliah yang ada, mengikuti kegiatan mahasiswa yang ada di kampus guna menambah atau mengasa kemampuan mahasiswa dalam bidangnya masing-masing.

Namanya saja proses belajar pasti aka nada yang namanya tugas atau project-project kuliah. Terkadang tugas atau project yang diberikan dosen sangat diluar prediksi mahasiswa, semakin mendekati ujian semakin banyak pula tugas atau project yang diberikan oleh dosen-dosen setiap mata kuliah, yang tanpa disadari banyak mahasiswa yang menegluh kepada dosen-dosen yang tega meyiksa mereka dengan tugas-tugas yang diberikan tanpa jeda. Sebagian mahasiswa/I menjadi stress dan mudah

Untuk beberapa kasus yang ada di dunia perkuliahan, tidak semua mahasiswa rajin mengerjakan tugas yang diberikan kepada mereka, ada mahasiswa tertentu yang malas mengerjakan tugas dan project-project yang diberikan bahkan mereka sengaja mengulur waktu untuk mengerjakan semua itu. Akhirnya saat tanggal deadline tugas dikumpulkan mereka lebih stress dari teman-teman lainnya.

Ada beberapa tips dari narasumber yang pernah mengalami masalah seperti itu,

• Tarik nafas dalam-dalam, kosentrasi sehingga fikiran menjadi jernih dan inspirasi dapat dengan mudah masuk memenuhi rongga rongga fikiran mu, niatkan dalam hati dan fikiran untuk menyelesaikan semua tugas-tugas yang tertunda.

• Buat daftar list tugas setiap mata kuliah beserta tanggal deadline tugas tersebut.

• Kerjakan tugas yang hampir mendekati tanggal deadline dari tugas tersebut.

• Lupakan sejenak mengenai hal-hal yang dapat merusak kosentrasi dalam befikir, seperti hubugan keluarga ataupun cinta. Keluarga mungkin dapat lebih mudah memahami mengenai waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan semua tugas-tugas kuliah, tapi tidak dengan kekasih mu, beri mereka penjelasan mengenai masalah yang sedang kalian hadapi saat ini, utarakan kamu membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikan tugas kuliah tanpa ada yang merusak kosentrasi dalam berfikirmu.

• Hindari sementara waktu melakukan kegiatan bersama teman seperti shopping, atau sekedar hang out bareng karena itu dapat dipastikan menyita waktu mu untuk menyelesikan tugas kuliah, walaupun ada beberapa narasumber yang mengatakan kalo itu dapat membantu karena mendapat pertolongan teman-teman dalam mengerjakan pekerjaan. Tapi percaya itu tidak akan ampuh karena banyak topic pembicaraan yang tidak kalian ingin lewatkan atau hal-hal bersama teman kadang dapat menyita segala perhatian.

• Dapat dipastikan karena menyepelekan tugas dan mengulur-ngulur waktu yang ada banyak tugas yang tidak tercontrol dengan baik. Seperti tugas kelompok, karena lebih bersifat kelompok beberapa mahasiswa lepas tangan dalam mengerjakannya. Mungkin saat ini teman sekelompok sudah tidak menganggap kalian bagian dari kelompok tersebut. Untuk saat ini pasang muka tembok dan hilangkan gengsi untuk meminta maaf atas semua ketidakperdulian terhadap tugas kelompok karena saat ini kalian membutuhkan mereka untuk membantu dalam mengerjakan tugas kelompok tersebut. Ambil perhatian teman sekelompok untuk kembali respect akan keikutsertaan kalian dalam kelompok tersebut.

• Tugas kuliah memang banyak dan menyita waktu tapi bukan alasan untuk tidak hidup dengan teratur, usahakan agar kamu mendapatkan asupan gizi yang baik dan istirahatyang cukup, sehingga daya tahan tubuh terjaga dan semua tugas dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Mungkin nilai yang didapatkan tidak setinggi teman-teman lainnya itu resiko dari mengulur-ngulur waktu yang ada sehingga semua tugas dikerjakan dalam waktu yang sempit sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal. Namun ada baiknya karena saat semua tugas terselesaikan dengan baik, mahasiswa/I dapat membuat planning liburan bersama teman-teman keluar kota maupun keluar negeri.

Semoga tips yang diberikan bermanfaat dan berguna, selamat mencoba.

 

Artikel oleh Viona Wirawan

Keywords:

  • stres