manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan

manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan

Sumber gambar: carapedia.com

 

Tidak banyak dari kita yang mengetahui apa itu cuka apel. Dibalik baunya yang sangat menyengat, ternyata cairan hasil fermentasi ini memiliki sejuta manfaat. Tidak hanya sebagai teman kita disaat makan salad favorit, ternyata cuka apel juga digadang gadangkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan kecantikkan juga lho! Lantas, apa saja sih manfaat dari cuka apel?

1. Menurunkan Berat Badan

Meminum cuka apel sebelum makan, dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Apel adalah sumber dari pektin, salah satu jenis serat yang mudah larut dalam air. Makanan yang kaya akan serat dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok cuka apel pada segelas air. Konsumsilah pada pagi dan malam hari.

2. Menghilangkan Jerawat

Cuka apel mengandung antibakteri dan antiseptic yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuka apel juga dapat menyeimbangkan kandungan pH atau tingkat keasaman kulit kita dan mengurangi kelebihan minyak pada wajah kita. Dalam sebuah wadah kosong, isi seperempat wadah dengan cuka apel, lalu isi sisanya dengan air bersih. Setelah tercampur dengan rata, gunakan kapas dan tepuk perlahan pada wajah.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kaya akan potasium, magnesium, kalsium dan beberapa mineral penting lainnya membuat cuka apel menjadi salah satu minuman yang dapat meningkatkan kesehatan tulang kita.

4. Memperindah Rambut

Produk perawatan rambut kita ternyata dapat membuat rambut kita tampak kusam akibat penumpukkan zat yang terjadi di rambut kita. Cuka apel dapat melunturkan penumpukkan zat tersebut. Cukup campurkan cuka apel dengan air dan aplikasikan pada rambut.

5. Menurunkan Kolesterol

Kandungan yang terdapat dalam cuka apel dipercaya dapat menekan produksi kolesterol jahat dalam tubuh kita dan meningkatkan kolesterol baik didalam tubuh kita.

6. Memutihkan Gigi

Berkumurlah dengan cuka apel pada pagi hari! Hal ini dapat membantu menghilangkan noda dan dipercaya dapat memutihkan gigi serta membunuh bakteri pada gusi dan mulut kita.

Walaupun banyak manfaat yang dapat kita peroleh, cuka apel tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. kandungan zat asamnya yang tinggi dapat menyebabkan masalah tulang dan gigi jika dikonsumsi secara berlebih. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh kita.

 
Artikel oleh Lisa